PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING, PERCEIVED QUALITY DAN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LUWAK WHITE KOFFIE

Authors

  • Saodin STIE Muhammadiyah Kalianda
  • Nyoman Nerson
  • Ayu Balqis Adistira STIE Muhammadiyah Kalianda
  • Ardinal Dwianto STIE Muhammadiyah Kalianda

DOI:

https://doi.org/10.52655/khg.v5i1.35

Keywords:

Experiential Marketing, Perceived Quality, Advertising, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian bertujuan ini untuk menganalisa dan menjelaskan pengaruh experiential markteing, perceived quality dan advertising terhadap keputusan pembelian pada produk Luwak White Koffie. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dari 77 responden pada  “Toko Bali Perdana” Bakauheni. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Purposive Sampling. Purposive Sampling, kemudian data di proses menggunakan analisa regresi berganda dengan program SPSS versi 23. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial experiential markteing, perceived quality dan advertising berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. sedangkan secara simultan terbukti bahwa experiential markteing, perceived quality dan advertising berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai Adjusted R Square nya adalah 0,93,9 yang berarti semua variabel independen dapat menjelaskan sebesar 93,9% terhadap variabel dependen. Sementara sisanya 6,1% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diuji dalam penelitian ini.

References

Adyatma Arifin. 2012. “Pengaruh Periklanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pasta Gigi Pepsoden di Kota Makassar”.

Almira Yusrina Idelle. 2001. “Analisis Pengaruh Harga dan Experiential Marketing terhadap keputusan pembelian dan dampaknya terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Danapaint Jakrta (Studi Kasus di Mitra 10 Jakarta)”,

Amir Hamzah. 2007. “Analisis Experiential Marketing, Emotional Branding dan Brand Trust terhadap Loyalitas Merek Mentari”, Majalah Usahawan No.06, Tahun XXXVI, h 22-28.

Andreani, Fransisca. 2012. “Experiential Marketing (Sebuah Pendekatan Pemasaran)”.Jurnal Pemasaran, Vol.2 h.1- 8, No.1, April 2007. Adyatma Arifin, “Pengaruh Periklanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pasta Gigi Pepsoden di Kota Makassar”. Bob Foster.2010. “Pengaruh Perceived Quality dari Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian deterjen Bukrim (Survei pada konsumen deterjen Bukrim di Griya Setiabudi, Giant Supermarket dan Isola Swalayan di kota Bandung)”.

Damanik, Addina. 2010. “Pengaruh Perceived Quality dan Brand Association Terhadap Brand Loyalty Mie Instan Merek Indomie (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara” Thesis, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Danang Sunyoto, “Metodologi Penelitian Ekonomi”, Jakarta: PT Buku Seru, Jakarta, 2011.

Durianto Darmadi et al., 2001. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Fuad Mas’ud. 2004. Survai Diagnosis Organisasional, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gary Amstrong. 2003. “Dasar-Dasar Pemasaran”, Edisi ke 9, jilid 1, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Ghozali, Imam. 2012. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23”, Universitas Diponegoro, Semarang.

Herwanto, H., & Radiansyah, E. (2022). PENGARUH BUDAYA KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. CABANG WINDU KARSA BAKAUHENI LAMPUNG SELATAN. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 1408-1418.

Istijanto. 2009. “Aplikasi Praktis Riset Pemasaran”, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta,

Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya. 2007. “Analisis pengaruh media iklan terhadap pengambilan keputusan membeli air minum dalam kemasan merek Aqua pada masyarakat kota Palembang.”, Vol. 5, No 10 Desember.

Kevin Lane Keller. “Manajemen Pemasaran”, Edisi ke 13, Jilid1, Erlangga, Jakarta, 2009.

Hakim, L. N. (2021). Effect of Product Quality and Service Quality on Customer Loyalty with Customer Satisfaction as an Intervenning Variables (Case Study on the Tirta Jasa Lampung Selatan Regional Company (PDAM)). Economit Journal: Scientific Journal of Accountancy, Management and Finance, 1(1), 48-56.

Kotler, Philip. 2005. “Manajemen Pemasaran”, edisi ke 11, Jilid 1, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta,

Kotler, Philip. 2008. “Manajemen Pemasaran”, edisi ke 12, Jilid 1, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Levitt, Theodore at all. 2007. Marketing Classics. Yogyakarta: Amara Books.

Lilik Suprapti.2010. “Analisis pengaruh Brand Awareness, Perceived Value, Organizational Association dan Perceived Quality terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus produk Yamaha Mio CW)”.

Lin, Kuo-Ming.2006. An Examination of The Relationship between Experiential Marketing Strategy and Guests’ Leisure Behavior in Taiwan Hot-Spring Hotels.

Monle Lee dan Carla Johson. 2007. Prinsip-prinsip periklanan dalam perspektif global, Jakarta: Prenada Media Group, Jakarta.

Nuruni Ika Kustini. 2011. “Experiential Marketing, Emotional Branding, and Brand Trust and Their Effect on Loyalty on Honda Motorcycle Product”. Journal of Economic, Business d=and accountancy Ventura Accreditation, Volume 14, h.19 – 28, No. 1, April.

Peter, J. Paul and Olson C Jerry. 2000. “Consumer Behaviour: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran”. Jilid 2. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Priyatno, Duwi. 2010. “Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS”, Mediakom, Yogyakarta.

Saodin. 2021. “Pengaruh Sales Promotion Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying”. INTERCODE – Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 1 No. 2 (September, 2021), Hal. 105-122 ISSN (Elektronik) 2775-8745 ISSN (Cetak) 2776-0693.

Sengaji, Z., & Radiansyah, E. HOW ENTREPRENUR INTENTION TO DIGITISE MICRO, SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES.

Satya Gunawan Yahya.2012. “Pengaruh Word Of Mouth, Inovasi, Gaya Hidup dan Perceived Quality terhadap Keputusan Pembelian”, Skripsi S1Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.

Schmitt H, Bernd. 2006. Experiental Marketing : How to Get Customer to sense, Feel, Think, Act, and Relate To Your Company and Brands. Free Press, New York.

Sugiyono. “Metedologi Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”, CV Alfabeta, Bandung, 2007.

Suyadi, S., Hakim, L. N., & Febriyanto, F. (2022). ANALISIS PENGARUH INFLASI DAN KURS TERHADAP FLUKTUASI NILAI SAHAM (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2021). Jurnal Riset Akuntansi dan Manajemen Malahayati, 11(4).

Tjiptono, Fandy. 2006. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Toto Prasetyo, “Analisis Pengaruh Periklanan, Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Kartu Seluler Pra Bayar Indosat IM3 (Studi Kasus Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)”, 2012.

Vivi Veronika, “Analisis Pengaruh Experiential Marketing dab Perceved Quality terhadap Brand Trust dan Dampaknya terhadap Brand Loyalty Produ La Tulipe Cosmetiques (Studi Kasus: Konter La Tulipe Cosmetiques)”, 2012.

Tamam, T., & Sanusi, U. (2022). PENGARUH FASILITAS, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN SISWA PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 1 KALIANDA. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 1369-1376.

Mukson, M., Ikhwan, S., & Riono, S. B. (2021). Orientation of Entrepreneurship and Innovation in Improving the Company's Performance through Business Strategy. JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN), 8(1), 37-46.

Sucipto, H., & Syaifulloh, M. (2021). PENGARUH PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA, DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHADI SETIABUDI. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(3), 797-806.

Zaman, M. B., & Ikhwan, S. (2021). Analysis of Influence of Product Quality and Price on Buyer's Decision. Journal of Business and Behavioural Entrepreneurship, 5(1), 149-160.

Mukson, M., Hamidah, H., & Prabuwono, A. (2021). Work environment and entrepreneurship orientation towards MSME performance through organizational commitment. Management Science Letters, 11(3), 871-878.

Mukson, M. (2020). Budaya Kerja dan Kompetensi Kerja: Kinerja Karyawan SPBU di Kabupaten Brebes. Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa), 17(2), 10-20.

Buchdadi, A. D., Sholeha, A., & Ahmad, G. N. (2020). The influence of financial literacy on SMEs performance through access to finance and financial risk attitude as mediation variables. Academy of Accounting and Financial Studies Journal, 24(5), 1-15.

Zainul, A. (2019). The Influence of E-service Quality toward E-satisfaction, E-trust, E-word of Mouth and Online Repurchase Intention: A Study on the Consumers of the Three-star Hotels in Lampung. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 93(9), 27-38.

Rahayu, K. S. (2021). E-ServQual on E-Trust, E-Satisfaction and Online Repurchase Intention. Review of International Geographical Education Online, 11(4).

Wailmi, K., & Tamam, T. (2022). TOURISM DURING COVID19: SERVICE QUALITY AND LOCATION TOWARD CUSTOMER SATISFACTION. International Journal of Education and Social Science Research, 5(02), 355-363.

Sengaji, Z., & Wailmi, K. (2022). TINGKAT PENDIDIKAN DAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN TERHADAP USAHA KECIL MIKRO DI MASA COVID-19. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(2), 852-865.

Sanusi, U. THE EFFECT OF PROMOTION AND PRODUCT DESIGN ON CONSUMER PURCHASE DECISIONS.

Radiansyah, E. The Role of Message, Sender, and Receiver in E-WOM: A Literature Review. Strategic Alliance Between, 236.

Downloads

Published

2022-06-13

How to Cite

Saodin, Nyoman Nerson, Ayu Balqis Adistira, & Ardinal Dwianto. (2022). PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING, PERCEIVED QUALITY DAN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LUWAK WHITE KOFFIE . KALIANDA HALOK GAGAS, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.52655/khg.v5i1.35

Issue

Section

Articles