PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN INDIHOME PADA PT.TELKOM METRO
DOI:
https://doi.org/10.52655/khg.v4i2.30Keywords:
Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Promosi dan Keputusan Pembelian.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan naik turunnya jumlah pelanggan IndiHome pada PT. Telkom Metro pada tahun 2017-2020.Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kualitas produk, kualitas pelayanan, persepsi harga dan promosi mempengaruhi keputusan pembelian produk IndiHome.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel-variabel tersebut memperkuat pengaruh keputusan pembelian IndiHome pada PT Telkom Metro.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer berupa wawancara dan kuisioner. Dalam penelitian ini didapatkan 92 responden dalam perhitungan penelitian ini menggunakan program SPSS 17.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, 1) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian IndiHome, 2) kualitas pelayanan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian IndiHome, 3) persepsi harga berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian IndiHome, 4) promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian IndiHome, 5) secara silmutan variabel kualitas produk, kualitas pelayanan, persepsi harga dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian Indihome di PT Telkom Metro.
References
A.Zeithaml, V. Parasuraman, A. and L. Berry L. 2011.Problems and Strategies in Services Marketing. Jurnal of marketing Vol. 49 (Spring).
Achmad, Kuncoro. 2001. Cara menggunakan dan Memaknai Analisis Asumsi Klasik, Cetakan Pertama. Bandung: ALFABETA
Adabi, N. 2020. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan konsumen Terhadap Keputusan Pembelian IndiHome di Witel Telkom Depok. Jurnal Manajemen. 12 (1), h. 32-39.
Alma, Buchari 20011, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:Alfabeta.
American Marketing Associantion (AMA) yang dikutip oleh Kotler dan Keller. 2016.
Arief B., P. 2015. Pengaruh Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian.Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. 1 (3), h. 1-13.
Bames, Jamer., 2003. Secrets Of Customer Relationship Management, ANDI, Yogyakarta..
Buchari Alma, 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Jilid 5 Edisi Revisi.Bandung : Alfabeta.
Fandy Rahfsan Pradana, 2018. Pengaruh Promosi, Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia pada Asco Daihatsu di Kabupaten Jember. Skripsi tidak diterbitkan.Surabaya Program Sarjana Manajemen Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Fandy, Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima, Edisi 2. Yogyakarta: Andi
Fitrori, I., Hidayat, I. 2018. Pengaruh Citra Merek, Word Of Mouth, Promosi, Harga, Kualitas dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Indihome. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM).7 (9), h. 1-20.
Hakim, L. N. (2021). Effect of Product Quality and Service Quality on Customer Loyalty with Customer Satisfaction as an Intervenning Variables (Case Study on the Tirta Jasa Lampung Selatan Regional Company (PDAM)). Economit Journal: Scientific Journal of Accountancy, Management and Finance, 1(1), 48-56.
Hartanti N., Dewangga O. 2017. Pengaruh Word of Mouth dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kualitas Produk sebagai Variabel Moderating. Junal Media Studi Ekonomi. 20 (1), h. 1-11.
https://www.telkom.co.id (Diakses pada 15 Januari 2022) 19:38
I Made Putrawan. 2017. Pengujian Hipotesis dalam Penelitian-Penelitian.Bandung : ALFABETA
Kasmir, 2017.Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 12.Erlangga : Jakarta.
Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 12.Jakarta : Erlangga.
Kotler dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12.Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip dan Kevin Lene, Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12.Jilid 1.Erlangga : Jakarta.
Kotler, Philip. 2002. Marketing Management,Millenium Edition. New Jersey : Pearson Custom Publishing
Lovelock, Christoper dan Jochen Wirtz. 2002. Service Marketing. New Jersey usa: Pearson,
Monroe. 2003. Pricing Making Profitable Decision.New York: The Mc Graw-Hill Companies. Inc.
Muhammad S., Setyo P. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome. Journal of Economics and Banking. 3 (2), h. 1-14.
Nindyawati, Vony dan Iriani, S.S. 2014.Pengaruh Gaya Hidup dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian.Jurnal Ilmu Manajemen I. 2 (4), h. 15-25.
Peter, Paul dan Jerry C. Olson (2010). Consumer Behavior & Marketing Strategy, Ninth Edition. New York: McGraw Hill.
Rangkuti, Freddy, 2009.Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication.Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Rusydi, 2017.Customer Excellence, Yogakarta: Gosyen Publishing.
Sari, Ratna Dewi Kartika dan Astuti, Sri Rahayu Tri. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Word Of Mouth Communication Terhadap Keputusan Pembelian Mabel pada Cv. Mega Jaya Semarang. Journal Of Management. 1 (1), h. 1-13.
Saodin, S. (2021). PENGARUH SALES PROMOTION DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING. INTERCODE, 1(2).
Schiffman, L & Kanuk, L.L 2008.Prilaku Konsumen. Edisi 8. Jakarta: Indeks
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualittatif dan R&D. Alfabeta:.Bandung.
Sunyoto, 2009, analisis regresi dan uji hipotesis.Yogyakarta: Media Pressindo.
Susanti, F., Marlius, D., Kahirumi, S. 2021. Costomer Statisfication Pada Pembelian Smartphone Samsung Dilihat Dari Trust In Brand, Brand Image dan Word Of Mouth Di Sarana Smartphome Kota Solok .Jurnal Pundi. 5 (1), h: 1-20.
Syahwi, M., Pantawis, S. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Citra Perusahaan dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan IndiHome di Kota Semarang. Jurnal Maanajemen. 3 (2), h. 1-25.
Tjiptono, F. 2009. Strategi Pemasaran Jasa. Andi.Yogyakarta.
Tjiptono, F. 2017. Strategi Pemasaran. Edisi ke 4. Yogyakarta: ANDI
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 KALIANDA HALOK GAGAS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Licensing Policy: OpenJournalSystems.com sells a wide range of custom created content including themes and plugins for Open Journal Systems (OJS), and open source platforms. These custom themes and plugins are sold under what is known as a Default Split License.











