Pengaruh Word Of Mouth Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Eksistensi Di Toko Cubeshop Pagelaran

Authors

  • Nasyi’atun Inayati Utami Nasyi’atun Inayati Utami Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung
  • Gusti Febi Renalta Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung
  • Aulia Nurlaili Kusuma Wardani Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung
  • Arohman Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung

Keywords:

Word Of Mouth, Electronic Word Of Mouth, Eksistensi

Abstract

Eksistensi sendiri merupakan keberadaan, dalam dunia bisnis eksistensi juga dapat di artikan sebagai bentuk pengakuan masyarakat terhadap keberadaan perusahaan di suatu lingkungan, maka dari itu eksistensi sangat penting bagi sebuah perusahaan di era persaingan bisnis yang sangat ketat seperti yang terjadi pada saat ini. Dilihat dari jumlah reseller dan konsumen cubeshop yang banyak, menandakan bahwa tingkat. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengtahui pengaruh word of mouth (WOM) terhadap eksistensi pada toko cubeshop pagelaran (2 Untuk mengtahui pengaruh electronic word of mouth (eWOM) terhadap eksistensi pada toko cubeshop pagelaran (3) Untuk mengtahui pengaruh word of mouth (WOM) dan electronic word of mouth secara bersama-sama terhadap eksistensi pada toko cubeshop pagelaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Dengan   populasi   sejumlah   1000, responden dan sampel penelitian 100 responden. Hasil pengujian word of mouth dan electronic word of mouth secara simultan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap terhadap eksistensi pada toko cubeshop pagelaran

References

Abidin, Zainal. 2007. Analisis Eksistensial: Sebuah Pendekatan Alternatif untuk Psikologi dan Psikiatri. PT. RajaGrafindo Persada: Jakarta.

Dzulhidayat. (2022). PENGARUH HARGA, WORD OF MOUTH, DAN KUALITAS PRODUK PLATFORM STEAM PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN GAM. 8.5.2017, 2003–2005.

Ferdiani, K. R. (2020). Membangun Eksistensi Bisnis Anda di Dunia Maya.

Modalrakyat.Id. https://www.modalrakyat.id/blog/membangun-eksistensi- bisnis-anda-di-dunia-maya

Hasna, S., & Irwansyah, I. (2019). Electronic Word of Mouth Sebagai Strategi Public Relation Di Era Digital. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 21. https://doi.org/10.14710/interaksi.8.1.18-27

Hassa, D. (2020). Sukses Mempertahankan Eksistensi Usaha dengan Cara Ampuh ini Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Senin, 9 November 2020

- 12:04 WIB Judul Artikel : Sukses Mempertahankan Eksistensi Usaha dengan Cara Ampuh ini Link Artikel : https://www.viva.c. Viva.Co.Id. https://www.viva.co.id/vstory/lainnya-vstory/1320215-sukses- mempertahankan-eksistensi-usaha-dengan-cara-ampuh-ini

Iknesya Rahma Finanda dan Arjuna Wiwaha. (2017). Pengaruhword of Mouthdanbrand Imageterhadapkeputusan Penggunaan Salon Kecantikan Padakonsumen Miloff Beauty Bar.

(Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar dan Himpunan & Asnaeni, 2016) Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar dan Himpunan, F., & Asnaeni, S. A. (2016). SEMINAR NASIONAL “Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Membentuk Karakter Bangsa Dalam Rangka Daya Saing Global” EKSISTENSI NILAI SOSIAL BUDAYA “A’DENGKA PADA” DALAM ACARA PERKAWINAN MASYARAKAT KELARA KABUPATEN JENEPONTO. 49–60.

Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, Vol. 4(1), 71– 85.

Junaidi, J. S., & Meirisa, F. (2021). Pengaruh Promosi, Harga, Word Of Mouth, Dan Layout Terhadap Keputusan Pembelian Di Supermarket Diamond Kota Palembang. Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen, 3(1), 22–36. https://doi.org/10.35957/prmm.v3i1.1613

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13. Jilid 1.

Jakarta: Penerbit Erlangga

Latifah Nur. (2020). Pengaruhelectronic Word of Mouth(Ewom) Pada Minatbeli Pelanggan Di Situssocial Commercemedia Sosial Instagram.

Pratiwi, Y. R. (2017). Pengaruh Word of Mouth Communication Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Boardgame Lounge Smart Cafe Pekanbaru. Jom Fisip, 4(2), 1–15.

Rosita, V. (2021). pengaruh Electronic word of mouth dan kualitas website terhadap minat beli shoppe pada mahasiswa IAIN.

Sari, V. M. (2012). Pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) di Social Media Twitter Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Restoran Holycowsteak). In Jurnal FISIP Universitas Indonesia (Vol. 1, Issue 1).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV

Wanawir, Hendrowati, T. Y., Rahmawati, A., Fatoni, Juhri, Fitria, N., Suningsih, A., Saputri, N., Rohmawati, A., Kayyis, R., Pratiwi, D., & Bowo, I. T. (2021). Buku Pedoman Penulisan Laporan Akhir Studi.

Yaumil, A. H., Tresnati, R. S., & Maharani, N. (2017). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian (Survey Konsumen pada Dreezel Coffee Bandung). Prosiding Manajemen, 3(2), 815–820

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Nasyi’atun Inayati Utami, N. I. U., Gusti Febi Renalta, Aulia Nurlaili Kusuma Wardani, & Arohman. (2023). Pengaruh Word Of Mouth Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Eksistensi Di Toko Cubeshop Pagelaran. KALIANDA HALOK GAGAS, 6(2), 158–169. Retrieved from https://ojs.stiemkalianda.ac.id/index.php/halokgagas/article/view/85

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)