STRATEGI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN PELANGGAN PADA UMKM ECOPRINT YASMIN WIWID

Authors

  • Warsiyah Prodi Perbankan Syariah, Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Moh Fakhrurozi Prodi Perbankan Syariah, Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Emy Sri Purwani Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Lampung

DOI:

https://doi.org/10.52655/khg.v6i2.83

Keywords:

ecoprint, umkm, yasmin wiwid, media social

Abstract

Pelaku UMKM pada umumnya tertarik dengan penggunaan digital marketing dan memanfaatkan media sosial secara optimal, tetapi terkendala dengan pemahaman tentang teknologi informasi yang terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemanfaatan media sosial oleh UMKM Ecoprint Yasmin Wiwid dalam meningkatkan keterlibatan pelanggan. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan untuk memperoleh wawasan mendalam tentang praktik yang efektif dalam menggunakan media sosial. Data diperoleh melalui wawancara, analisis konten media sosial, dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa media social sangat berperan dalam meningkatkan keterlibatan pelanggan.

References

Alimah, A., & Budiastuti, S. (2021). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian UMKM Pada Masa Pandemi Covid-19.

Chowdhury, R.,et al. (2020). Dynamic interventions to control COVID-19 pandemic: a multivariate prediction modelling study comparing 16 worldwide countries. European Journal of Epidemiology (2020) 35:389–399 https://doi.org/10.1007/s10654-020-00649-w

Fakhrurozi, M. (2023). Peranan Pemerintah dan Strategi Pemasaran terhadap Penjualan UMKM Ecoprint Yasmin Wiwid Lampung. Remik: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(3), 1676–1686

Kietzmann, J., et al. 2011. Social Media? Get Serious! Understanding the Functional Building Blocks of Social Media. Business Horizons. DOI: 10.1016/j.bushor.2011.01.005

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Downloads

Published

2023-08-28

How to Cite

Warsiyah, Moh Fakhrurozi, & Emy Sri Purwani. (2023). STRATEGI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN PELANGGAN PADA UMKM ECOPRINT YASMIN WIWID. KALIANDA HALOK GAGAS, 6(2), 138–146. https://doi.org/10.52655/khg.v6i2.83

Issue

Section

Articles