OPTIMALISASI PENDAPATAN PADA SENTRA INDUSTRI TEMPE DI KELURAHAN YOSODADI METRO TIMUR

Authors

  • Abimanyu Prasetya Universitas Muhammadiyah Metro
  • susilawati STIE Muhammadiyah Kalianda
  • Febriyanto Universitas Muhammadiyah Metro
  • Nani Septiana Universitas Muhammadiyah Metro

DOI:

https://doi.org/10.52655/khg.v5i1.44

Keywords:

Optimalisasi, pendapatan, jumlah produksi, biaya-biaya

Abstract

Pendapatan akan meningkat dengan diiringi peningkatan jumlah produksi dan menekan biaya yang dikeluarkan pada proses produksi. Optimalisasi pendapatan menjadi suatu hal yang sangat penting bagi para pengusaha untuk mendapatkan laba yang maksimal. Pada kegiatan produksi pengusaha mendapatkan masalah dalam menentukan berapa banyak  input  yang  harus  digunakan atau berapa banyak output yang harus dihasilkan untuk memaksimalkan keuntungan atau laba bersih untuk usahanya.  Penentuan jumlah  masing-masing input yang digunakan akan menghasilkan output yang maksimum. Apabila petani menggunakan input yang lebih dari satu, maka fungsi produksinya lebih banyak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui optimalisasi pendapatan pedagang Tempe di sentra industri tempe Kelurahan Yosodadi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah di Sentra Industri Tempe yang terletak di Jalan Gurame Kelurahan Yosodadi Metro Timur, Lampung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, dokumentasi, dan observasi di lapangan. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dengan mencari pendapatan pedagang tempe di kawasan sentra industri kecil tempe. Sampel dalam penelitian ini adalah Bapak Tuhri yang memiliki usaha yang sudah cukup lama dan cukup besar diantara pedagang tempe di kawasan sentra industri kecil.  Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa optimalisasi pendapat yang dilakukan oleh bapak Tuhri untuk mendapatkan hasil yang optimal terlihat dari jumlah produksi yang dilakukan dan pengaturan biaya-biaya. Dilihat dari produksinya, pak Tuhri mensiasati produk Tempenya dengan dua tipe yaitu bungkus plastik dan bungkus daun. Optimalisasi lain yang dilakukan oleh bapak Tuhri dalam mencari pendapatan adalah dengan menghemat biaya-biaya. Dalam penelitan ini, menurut bapak Tuhri biaya yang biasa dihemat dari proses produksi adalah pada bahan bakar dan pengaturan gaji karyawan

References

Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Aning Kesuma Putri dan Dewi Anggraini. Persepsi Pengusaha Mikro kecil dan Menengah (UKM) terhadap Penenrapan Akuntansi di Kota Lubuk Linggau. Jurnal Profit. Vol. 3 No. 1

Cahyanti Mega Mira Saputri dan Widiya Dewi Anjaningrum, Faktor-faktor yang mempengaruhi Perkembangan Usaha Kecil Sektor Industri Pengolahan di Kota Malang. Jurnal Jibeka, Vol. 11 No. 2

Chariri A. dan Imam Ghozali. 2011. Teori Akuntansi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Febriyanto, F. 2017. Optimalisasi pemasaran melalui pembentukan kelompok hasil panen budi daya karet rajabasa lama labuhan ratu lampung timur. Sinar sang surya: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 35-41.

Hakim, L. N. (2021). Effect of Product Quality and Service Quality on Customer Loyalty with Customer Satisfaction as an Intervenning Variables (Case Study on the Tirta Jasa Lampung Selatan Regional Company (PDAM)). Economit Journal: Scientific Journal of Accountancy, Management and Finance, 1(1), 48-56.

Haniar, Devi. 2015. Optimalisasi Pendapatan Pedagang Tahu di Pasar Tradisional Tanjung Raja. Junal Manajemen dan Bisnis. 1(1), 1-10, ISSN. 2557-5654.

Harahap. 2008. Akuntansi Islam. Jakarta: Rineka cipta

Harnanto. 2013. Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Pendapatan Perusahaan. Jurnal Manajemen Keuangan. 1(2), h. 27-40.

Jatmiko dan Suliana Dewi. 2019. Fleksibilitas Strategi Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah. Jurnal Dinamika Pembangunan. Vol. 01 NO. 2.

Jumingan. 2021. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kasmir. 2017. Kewirausahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suyadi, S., Hakim, L. N., & Febriyanto, F. (2022). ANALISIS PENGARUH INFLASI DAN KURS TERHADAP FLUKTUASI NILAI SAHAM (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2021). Jurnal Riset Akuntansi dan Manajemen Malahayati, 11(4).

Hakim, L. N., Abd Rosid, M., & Kusumawati, I. (2022). EFFECT OF JOB SATISFACTION AND ORGANIZATIONAL COMMITMENT TO TURNOVER INTENTION AT PT. ACS AEROFOOD. International Journal of Social Science, 2(2), 1431-1440.

ERISKA, E. R., Sari, A. K., & Hakim, L. N. (2022). PENGARUH SISTEM PELAYANAN, KUALITAS PRODUK TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN DI RESTORAN CEPAT SAJI BURGER KING. KALIANDA HALOK GAGAS, 5(1), 14-22.

Nugroho, S. D., & Hakim, L. N. (2022). ANALISIS FAKTOR MOTIVASI BERWIRAUSAHA YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA MASYARAKAT DI DESA BATANGHARI LAMPUNG TIMUR. KALIANDA HALOK GAGAS, 4(2), 120-128.

Herwanto, H., & Radiansyah, E. (2022). Pengaruh Budaya Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Cabang Windu Karsa Bakauheni Lampung Selatan. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 1408-1418.

Radiansyah, E. (2022). PERAN DIGITALISASI TERHADAP KEWIRAUSAHAAN DIGITAL: TINJAUAN LITERATUR DAN ARAH PENELITIAN MASA DEPAN. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(2), 828-837.

Radiansyah, E. (2022). PENGARUH ULASAN PALSU PADA KONSUMEN: TINJAUAN LITERATUR DAN ARAH PENELITIAN MASA DEPAN. KALIANDA HALOK GAGAS, 5(1), 42-49.

Radiansyah, E. (2022). Pelatihan Manajemen Keuangan Dan Pemasaran Bagi Komunitas Pedagang Di Tugu Pengantin Lungsir. Abdi Masyarakat, 4(2).

Nerson, N., Adistira, A. B., & Dwianto, A. (2022). PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING, PERCEIVED QUALITY DAN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LUWAK WHITE KOFFIE. KALIANDA HALOK GAGAS, 5(1), 1-13.

Tamam, T., & Sanusi, U. (2022). PENGARUH FASILITAS, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN SISWA PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 1 KALIANDA. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 1369-1376.

Sengaji, Z., & Wailmi, K. (2022). TINGKAT PENDIDIKAN DAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN TERHADAP USAHA KECIL MIKRO DI MASA COVID-19. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(2), 852-865.

Hakim, L. N., & Suhendi, A. (2021). Analisis Location Quotion versus Sumbangan Terhadap Pendapatan Domestik Regional Bruto dalam Penentuan Kawasan Ekonomi Basis di Provinsi Lampung. GEMA: Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi, 13(2), 120-134.

Saodin, S. (2021). PENGARUH SALES PROMOTION DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING. INTERCODE, 1(2).

Sidiq, M. F., & Aziz, A. (2021). PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP KONSUMEN PADA HOTEL SYARIAH NUSANTARA. KALIANDA HALOK GAGAS, 4(1), 45-58.

Saodin, S. (2021). Pengaruh E-Servqual Terhadap E-Satisfaction, E-Wom Dan Online Repurchase Intention. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen, 12(1), 15-30.

Mukson, M., Ikhwan, S., & Riono, S. B. (2021). Orientation of Entrepreneurship and Innovation in Improving the Company's Performance through Business Strategy. JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN), 8(1), 37-46.

Sucipto, H., & Syaifulloh, M. (2021). PENGARUH PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA, DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHADI SETIABUDI. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(3), 797-806.

Zaman, M. B., & Ikhwan, S. (2021). Analysis of Influence of Product Quality and Price on Buyer's Decision. Journal of Business and Behavioural Entrepreneurship, 5(1), 149-160.

Mukson, M., Hamidah, H., & Prabuwono, A. (2021). Work environment and entrepreneurship orientation towards MSME performance through organizational commitment. Management Science Letters, 11(3), 871-878.

Mukson, M. (2020). Budaya Kerja dan Kompetensi Kerja: Kinerja Karyawan SPBU di Kabupaten Brebes. Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa), 17(2), 10-20.

Buchdadi, A. D., Sholeha, A., & Ahmad, G. N. (2020). The influence of financial literacy on SMEs performance through access to finance and financial risk attitude as mediation variables. Academy of Accounting and Financial Studies Journal, 24(5), 1-15.

Zainul, A. (2019). The Influence of E-service Quality toward E-satisfaction, E-trust, E-word of Mouth and Online Repurchase Intention: A Study on the Consumers of the Three-star Hotels in Lampung. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 93(9), 27-38.

Rahayu, K. S. (2021). E-ServQual on E-Trust, E-Satisfaction and Online Repurchase Intention. Review of International Geographical Education Online, 11(4).

Sengaji, Z., & Wailmi, K. (2022). TINGKAT PENDIDIKAN DAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN TERHADAP USAHA KECIL MIKRO DI MASA COVID-19. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(2), 852-865.

Sanusi, U. THE EFFECT OF PROMOTION AND PRODUCT DESIGN ON CONSUMER PURCHASE DECISIONS.

Radiansyah, E. The Role of Message, Sender, and Receiver in E-WOM: A Literature Review. Strategic Alliance Between, 236.

Downloads

Published

2022-07-23

How to Cite

Abimanyu Prasetya, susilawati, Febriyanto, & Nani Septiana. (2022). OPTIMALISASI PENDAPATAN PADA SENTRA INDUSTRI TEMPE DI KELURAHAN YOSODADI METRO TIMUR. KALIANDA HALOK GAGAS, 5(1), 31–41. https://doi.org/10.52655/khg.v5i1.44

Issue

Section

Articles