PENGARUH PENGGUNAAN PROMOSI ONLINE DAN ENDORSEMENT SELEBGRAM TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN
Keywords:
Online Promotion, Selebgram Endorsement, Consumer Buying InterestAbstract
Promosi Online merupakan kegiatan promosi yang dilakukan untuk mengenalkan danmenginformasikan produk kepada konsumen melalui internet yang dilakukan melalui media social seperti Instagram, danmedia sosial lainnya. Media sosial Instagram contohnya. Instagram merupakan sebuah aplikasi berbagai foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk Instagram sendiri. Dari kelebihan fitur tersebut, membuat sebagian orang berkesempatan untuk menjadikan Instagram sebagai lahan untuk berbisnis dengan mempromosikan barangnya secara online. Selebgram ialah influenser yang terkenal atau lebih dikenal di Instagram yang memiliki banyak pengikut (followers). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi online terhadap minat beli konsumen. Metode penelitian ini menggunakan metode teoritis, yang mana data diperoleh dari hasil membaca, yang dikumpulkan ditarik kesimpulan dan menghasilkan sebuah hipotesis. Penelitian ini memberikan tinjauan literatur mengenai pengaruh promosi online para selebgram terhadap minat beli konsumen. Kerangka konseptual ini dapat membantu para pebisnis jika ingin membuat strategi promosi online dengan menggunakan para selebgram dengan memasarkan produknya. Hal ini akan memberikan 2 keuntungan yaitu, bagi para selebgram dan perusahaan produk yang dipromosikan. Dari penelitian ini terdapat pengaruh yang positif dan signifikan promosi online para selebgram terhadap minat beli konsumen.
References
Alunat, S. K., & Ariyanti, M. (2016). Pengaruh Endorsement Terhadap Sikap Konsumen Dan Minat Pembelian Produk Kosmetik Pada Online Shop Dengan Media Sosial Instagram. Proceedings of Management, 3(2)
Deru R Indika & Cindy Jovita. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(1), 25-32. Diakses pada 28 Oktober 2020 di http://journal.ubaya.ac.id/index.php/JIBT/article/view/296
Hera Wati. (2019). Pengaruh Selebgram Sebagai Celebrity Endorsement Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi. Sosietas: Jurnal Pendidikan Psikologi, 9(2), 722-727 diakses pada 28 Oktober 2020 di https://ejournal.upi.edu/index.php/sosietas/article/view/22822
Melia Ika Patanduk. (2016). Pengaruuh Kontrol Diri Pada Endorse dan Persepsi Harga Dengan Pengambilan Keputusan Membeli Produk Melalui Media Sosial Instagram. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 175-183 diakses pada 28 Oktober 2020 di
http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/3997/2580#
Hakim, L. N. (2021). Effect of Product Quality and Service Quality on Customer Loyalty with Customer Satisfaction as an Intervenning Variables (Case Study on the Tirta Jasa Lampung Selatan Regional Company (PDAM)). Economit Journal: Scientific Journal of Accountancy, Management and Finance, 1(1), 48-56.
Hera Wati, Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi, (Jurnal Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Indonesia, 2019)
Saodin, S. (2021). PENGARUH SALES PROMOTION DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING. INTERCODE, 1(2).
Zahra Dhaefina, Pengaruh celebrity Endorsment, Brand Image, dan Testimoni Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Mie Instan lemonilo Pada Media sosial Instagram, (Jurnal Manajemen, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2021)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 KALIANDA HALOK GAGAS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Licensing Policy: OpenJournalSystems.com sells a wide range of custom created content including themes and plugins for Open Journal Systems (OJS), and open source platforms. These custom themes and plugins are sold under what is known as a Default Split License.