PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP KONSUMEN PADA HOTEL SYARIAH NUSANTARA

Authors

  • Saodin STIE Muhammadiyah Kalianda
  • M.Fajar Sidiq STIE Muhammadiyah Kalianda
  • Afrizal Aziz STIE Muhammadiyah Kalianda

DOI:

https://doi.org/10.52655/khg.v4i1.11

Keywords:

Atribut Produk, Kualitas Layanan, Keputusan untuk Tinggal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efek signifikan dari atribut produk dan kualitas layanan terhadap keputusan menginap di Hotel Syariah Nusantara di Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan populasi yang semuanya konsumen di Hotel Syariah Bandar Lampung, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel atribut produk dan variabel kualitas layanan memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan menginap di Hotel Syariah Bandar Lampung. Hasil tes F menunjukkan bahwa variabel atribut produk dan variabel kualitas layanan bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan untuk menginap di Hotel Syariah di Bandar Lampung. Hasil koefisien determinasi(R2) yang diperoleh dalam analisis regresi berganda memperoleh koefisien determinasi dengan disesuaikan-R2 dari 0,655. Ini berarti bahwa 65,5% dari variasi variabel keputusan tinggal dapat dijelaskan oleh atribut produk dan variabel kualitas layanan, sedangkan 34,5% sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar model yang dipelajari.

References

Alma, Buchari. 2008. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.

Andreassen, Wallin, T., and Lindestad, B. 1998. ”Customer Loyalty and Complex Service: The Impact of Corporate Image on Quality, Customers with Varying Degrees of Service Expertise”, International Journal of Service Industry Management. Vol. 9 No. 1 Hal. 12.

Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press

Djarwanto, PS. dan Pangestu Subagyo, 2005, Statistif Induktif, Yogyakarta, BPFE.

Emir, M. Kozak. 2011. Perceived importance of attributes on hotel guests' repeat visit intentions Turizam, 59 (2), pp. 131-143.

Fahruddinas. blogspot.com, 2011

Herwanto, H., & Radiansyah, E. (2022). PENGARUH BUDAYA KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. CABANG WINDU KARSA BAKAUHENI LAMPUNG SELATAN. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 1408-1418.

Hakim, L. N., Abd Rosid, M., & Kusumawati, I. (2022). EFFECT OF JOB SATISFACTION AND ORGANIZATIONAL COMMITMENT TO TURNOVER INTENTION AT PT. ACS AEROFOOD. International Journal of Social Science, 2(2), 1431-1440.

Imroatul Khasanah dan Novian Yuga Pamuljo, 2011. Analisis Pengaruh Atribut Produk, Bauran Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhdap Keputusan Pembelian Produk Merchandise. Aset, September 2011. Vol. 13 No. 1. Hal 155-163.

Kertajaya, Hermawan, dan Sula. 2006. Syariah Marketing, Mizan, Bandung

Kotler Philip dan Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Manajemen, Jilid 1 Edisi Kedelapan, Alih Bahasa Oleh Damos Sihombing, MBA., Penerbit Erlangga, Jakarta

Md. Mahabub Alom, and Md. Shariful Haque. 2011. Marketing : An Islamic Perpective, World Journal of Social Science, Vol. 1. No. 3. July 2011. Pp. 71-81.

Okasha, Q. 2010. Sharia compliance hotel a framework for destination selection applied on Kuwait and UK. Thesis submitted in partial fulfillment of the requirements for the degree of masters of business administration, Maastricht school of management, Netherlands.

Sengaji, Z. and Radiansyah, E., HOW ENTREPRENUR INTENTION TO DIGITISE MICRO, SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES.

Schiffman. G, Leon, Leslie, Lazar, Kanuk. 2000. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa Zoelkifli Kasip. Jakarta: Gramedia

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 1989. Metode Penelitian Survey. LP3ES. Jakarta

Sugiyono. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis, PT. Gramedia, Jakarta

Swasta, Basu dan Irawan, 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Penerbit Liberty. Yog

Syed Ali Hussnain. 2011. What Is Islamic Marketing, Global Journal Of Management and Bussines Research, Volume 11 Issue 11 Version 1.0

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Andy. Yogyakarta.

Winarto, 2008. Analisis Kualitas Layanan dan Kepuasan Konsumen Warung Internet di Salatiga. National Conference UKWMS Surabaya.

Zaithamil, valarie A, Mry Jo Bitner. 1996. Service Marketing Integrating Customer Focus Across The Firm, Second Edtion Hill, Newo York; McGraw

Zikmund, W.G. 1997. Business Research Method. 4th Edition: The Dryden Press, Harcourt College Publisher

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Saodin, M.Fajar Sidiq, & Afrizal Aziz. (2021). PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP KONSUMEN PADA HOTEL SYARIAH NUSANTARA. KALIANDA HALOK GAGAS, 4(1), 45–58. https://doi.org/10.52655/khg.v4i1.11

Issue

Section

Articles