STRATEGI KOMUNIKASI BRI UNIT JATIBARU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PRIMA PADA NASABAH SIMPEDES (PRIORITAS) TAHUN 2016
DOI:
https://doi.org/10.52655/khg.v4i1.10Keywords:
Strategi komunikasi, Kualitas Pelayanan PrimaAbstract
Keberhasilan kegiatan komunikasi secara efektif banyak ditentukan oleh penentuan strategi komunikasi. Dilain pihak jika tidak ada strategi komunikasi yang baik, efek dari proses komunikasi bukan tidak mungkin akan menimbulkan pengaruh negatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi komunikasi BRI Unit Jatibaru dalam meningkatkan kualitas pelayanan prima pada nasabah SIMPEDES (prioritas) tahun 2016.
Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data secara wawancara, dokumentasi dan observasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 orang Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi BRI Unit Jatibaru sudah berjalan dengan baik dalam meningkatkan kualitas pelayanan prima pada nasabah SIMPEDES (Prioritas) tahun 2016. Hal ini dapat dilihat pada 3 teori strategi kounikasi yang sudah dijalankan oleh BRI yaitu teori kepatuhan, teori konstruktivisme dan teori strategi kesopanan, serta kenaikan jumlah nasabah dari tahun 2015 dan 2016. Dalam memberikan pelayananpun BRI Unit Jatibaru sudah mengacu pada 5C yaitu clean, careful, charming, cheer, dan chummy. Sedangkan pelanggan merasa puas dengan pelayanan dan fasilitas yang diberikan pihak BRI Unit Jatibaru karena mereka tidak perlu antri lama dalam melakukan transaksi dan senang dengan reward dan hadiah-hadiah hiburan dari BRI.
References
Azhar Hairul, Kepala Unit BRI Jatibaru (wawancara tanggal 1 April 2017).
Hakim, L. H., & Suhendi, A. (2021). Analisis Location Quotion versus Sumbangan Terhadap Pendapatan Domestik Regional Bruto dalam Penentuan Kawasan Ekonomi Basis di Provinsi Lampung. GEMA: Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi, 13(2), 120-134.
Hasan, 2002, Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Ghalia Indonesia, Jakarta
Herwanto, H., & Radiansyah, E. (2022). Pengaruh Budaya Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Cabang Windu Karsa Bakauheni Lampung Selatan. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 1408-1418.
Herdiana Nana, 2015, Manajemen Strategi Pemasaran, CV. Pustaka Setia, Bandung
Kotler dan Keller 2009, Manajemen Pemasaran, Indonesia, PT. Indeks
Krisyantono, 2009, Teknik Praktisi Riset Komunikasi, Kencana, Jakarta
Lupiyoadi, Rambat, 2001, Edisi Pertama, Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktek, Salemba Empat, Jakarta
Morisson, 2013, Teori Komunikasi Individu Hingga Massa, Kencana Prenadamedia Group, Jakarta
Moleong, 2013, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
Radiansyah, E. (2022). PENGARUH ULASAN PALSU PADA KONSUMEN: TINJAUAN LITERATUR DAN ARAH PENELITIAN MASA DEPAN. KALIANDA HALOK GAGAS, 5(1), 42-49
Rahmayanty Nina, 2013, Manajemen Pelayanan Prima, Graha Ilmu, Yogyakarta
Rangkuti, F, 2006, Measuring Custumer Pelayanan Prima Satisfaction, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Suharsimi Arikunto, 1989, Metodologi Research, Andi Offset, Yogyakarta
Sumardi Suryabrata, 1990,
Sutrisno Hadi, 1989, Metodologi Research, Andi Offset, Yogyakarta
Tamam, T., & Sanusi, U. (2022). PENGARUH FASILITAS, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN SISWA PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 1 KALIANDA. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 1369-1376.
Tjiptono dan Diana, 2003, Total Quality n Management, Andi Offset, Yogyakarta
Tjiptono, Chandra, Adriana, 2008, Pemasaran Strategik, Penerbit ANDI, Yogyakarta
Uchjana Onong, 2003, Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi, Citra Aditya Bakti, Bandung
Wailmi, K., & Tamam, T. TOURISM DURING COVID19: SERVICE QUALITY AND LOCATION TOWARD CUSTOMER SATISFACTION.
Zulkiflimansyah, 2007, Manajemen Strategi, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 KALIANDA HALOK GAGAS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Licensing Policy: OpenJournalSystems.com sells a wide range of custom created content including themes and plugins for Open Journal Systems (OJS), and open source platforms. These custom themes and plugins are sold under what is known as a Default Split License.