PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA KALIBATA COFFEE KALIANDA

Authors

  • Tamam STIE Muhammadiyah Kalainda

DOI:

https://doi.org/10.52655/khg.v4i1.9

Keywords:

Keragaman Produk, Store Atmosphere, Kepuasan konsumen

Abstract

Pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan perusahaan barang atau jasa, hal disebabkan karena pemasaran merupakan suatu proses merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan dalam memberikan kepuasan kepada konsumen.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keragaman produk dan store atmosphere (suasana toko) terhadap kepuasan konsumen di Kalibata Coffe Kalianda, baik secara parsial dan simultan.

Metode penelitian yang digunakan adalah Metode survei dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan kuisioner  kepada 97 responden secara accidental sampling.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Keragaman produk berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen  dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 4,116  >  ttabel sebesar 1,665 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05; (2) store atmosphere berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen  dibuktikan dengan t hitung sebesar 7,558 >  ttabel sebesar 1,665 dengan tingkat  signifikansi 0,000 < 0,05; (3) Keragaman produk dan store atmosphere  secara simultan berpengaruh positif  terhadap kepuasan konsumen, dibuktikan dengan nilai F hitung 74,495 > nilai ftabel 3,09  dengan signifikan sebesar 0,000 < 0,05.

Kesimpulan dari penelitian adalah bahwa  keragaman produk dan store atmosphere (suasana toko)  baik secara parsial dan simultan berpengaruh pasitif terhadap kepuasan konsumen di Kalibata Coffe Kalianda.

References

Ade Aminudin Charlis. 2013. Pengaruh Keanekaragaman Produk, Kualitas pelayanan, dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Giant Supermarket Puri Anjasmoro Semarang. (Universitas Pandanaran, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol 2, Hal 2, Januari 2013).

Buchari Alma. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta.

David Harinto dan Dr Hartono Subagio SE., MM. Pengaruh Kualitas Layanan,Brand image, dan Store Atmosfer terhadap kepuasan konsumen Kedai Deja-Vu Surabaya. (Jurnal Manajemen pemasaran Vol 1, Hal 1, Maret 2013)

Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran Jilid kedua. Alih Bahasa : Andreas Winardi. Bandung: Alfabet

Dewi, Rohma ningsih. 2016 Pengaruh Suasana Toko, Kualitas Pelayanan

Dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Granny’s Nest Cafe And Resto Di Bandar Lampung) Administrasi Bisnis. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Lampung. Lampung

Djaslim Saladin. 2012. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran (Ringkasan Praktis Teori dan Tanya Jawab), Cetakan Keempat, Linda Karya, Bandung.

Engel, James, F, Roger D. Blackwell, dan Paul W. Miniard. 2013. Perilaku Konsumen. Edisi Keenam. Jilid 1. Penerbit Binarupa Aksara. Jakarta.

Fandy Tjiptono. 2013. Pemasaran Jasa, Bayumedia, Malang.

Hakim, L. H., & Suhendi, A. (2021). Analisis Location Quotion versus Sumbangan Terhadap Pendapatan Domestik Regional Bruto dalam Penentuan Kawasan Ekonomi Basis di Provinsi Lampung. GEMA: Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi, 13(2), 120-134.

Husein Umar. 2011. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Jakarta: Rajawali Pers.

Imam Ghozali. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Undip.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Land. 1990. Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi Jakarta: PT Indeks

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13. (Alih bahasa: Bob Sabran MM). Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Gery Amstrong. 2014. Principles Of Marketing, Global Edition, 14 Edition, Pearson Education.

Mowen, Jhon C. dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen Jilid Pertama. Alih Bahasa: Dwi Kartini. Jakarta: Erlangga

Noor Alamsyah. 2013. Analisis Pengaruh Keragaman Produk, Harga dan Sarana Fisik Terhadap Kepuasan Konsumen pada Kafe Doeren Manis Surabaya. (Jurnal Ekonomi, Vol 2, Hal 3, September 2013).

Nur Wulandari Permata. 2013. Analisis Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Kopikita Semarang. (Jurnal Bisnis & Birokrasi, Vol 4, Hal 2, Agustus 2013).

Robbins, Stephen P. dan Coulter Mary. 2012. Manajemen, Edisi Kesepuluh, Jakarta: Erlangga.

Singarimbun, Masri dan Sofyan Effendi. 2000. Metode Penelitian Survey.

Jakarta: LP3ES

Stanton, William J, 2013. Alih bahasakan Buchari Alma prinsip-prinsip pemasaran, jilid 1 Edisi ke 3, Alih bahasa oleh Yohanes Lamarto, Jakarta: Erlangga.

Stanton. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alih Bahasa: Buchari Alma. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sumarni dan Soeprihanto. 2010. Pengantar Bisnis: Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan, Cetakan Keempat, Liberty Yogyakarta.

Widodo, Jasniko. 2013. “Pengaruh Atmosphere Toko dan Variasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Swalayan Citra Bandar Padang”. Jurnal Manajemen. Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang.

Downloads

Published

2021-07-30

How to Cite

Tamam. (2021). PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA KALIBATA COFFEE KALIANDA. KALIANDA HALOK GAGAS, 4(1), 34–44. https://doi.org/10.52655/khg.v4i1.9

Issue

Section

Articles