Analisis Brand Switching Model Markov Chain Konsumen Rumah Sakit Pemerintah ke Rumah Sakit Swasta diKota Bandar Lampung

Authors

  • Yunada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gentiaras
  • Susilawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Kalianda

DOI:

https://doi.org/10.52655/khg.v6i1.68

Keywords:

Brand Switching, Kepuasan, Model Markov Chain

Abstract

Untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan diselenggarakan berbagai upaya kesehatan secara menyeluruh, berjenjang, dan terpadu. Rumah Sakit merupakan salah satu sarana pembangunan kesehatan, hal ini ditunjukkan oleh kontribusi Rumah sakit dalam mendukung keberhasilan pembangunan kesehatan. Untuk dapat memberikan kontribusi yang optimal, Rumah Sakit dituntut untuk menunjukkan kinerja yang optimal. Kepuasan perlu dipahami oleh pemasar karena hal tersebut akan berpengaruh pada perilaku konsumen selanjutnya. Jika konsumen tidak puas maka akan berakibat kepada perubahan keputusan pembelian terhadap suatu merek tertentu kemudian pelanggan akan mencari informasi mengenai alternatif produk dan jasa lain. Perpindahan mencerminkan pergantian dari merek produk yang biasa dikonsumsi dengan produk merek lain.Tujuan Penelitian, untuk mengukur besarnya kemungkinan konsumen melakukan perpindahan dari konsumen Rumah Sakit Pemerintah ke Rumah Sakit Swastadi Kota Bandar Lampung.Besarnya rasio perpindahan merek dari Rumah Sakit Pemerintah ke Rumah Sakit Swasta lain adalah 52% dan besarnya rasio perpindahan Rumah Sakit Swasta lain ke Rumah Sakit Pemerintah adalah sebesar 4%.

References

Buchdadi, A. D., Sholeha, A., & Ahmad, G. N. (2020). The influence of financial literacy on SMEs performance through access to finance and financial risk attitude as mediation variables. Academy of Accounting and Financial Studies Journal, 24(5), 1-15.

Hakim, L. N. (2021). Effect of Product Quality and Service Quality on Customer Loyalty with Customer Satisfaction as an Intervenning Variables (Case Study on the Tirta Jasa Lampung Selatan Regional Company (PDAM)). Economit Journal: Scientific Journal of Accountancy, Management and Finance, 1(1), 48–56. https://doi.org/10.33258/economit.v1i1.374

Hakim, L. N., & Suhendi, A. (2012). Analisis Location Quotion versus Sumbangan Terhadap Pendapatan Domestik Regional Bruto dalam Penentuan Kawasan Ekonomi Basis di Provinsi Lampung. GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen Dan Akuntansi, 13(2), 120–134. https://doi.org/10.47768/gema.v13i2.239

Herwanto, H., & Radiansyah, E. (2022). Pengaruh Budaya Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Cabang Windu Karsa Bakauheni Lampung Selatan. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 1408-1418.

Lukman Nuzul Hakim, Muh Abd Rosid, & Indah Kusumawati. (2022). EFFECT OF JOB SATISFACTION AND ORGANIZATIONAL COMMITMENT TO TURNOVER INTENTION AT PT. ACS AEROFOOD. International Journal of Social Science, 2(2), 1431–1440. https://doi.org/10.53625/ijss.v2i2.3070

Mukson, M., Hamidah, H., & Prabuwono, A. S. (2021). Work environment and entrepreneurship orientation towards MSME performance through organizational commitment. Management Science Letters, 871–878. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.10.012

Mukson, M., Ikhwan, S., & Riono, S. B. (2021). Orientation of Entrepreneurship and Innovation in Improving the Company’s Performance through Business Strategy. JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN), 8(1), 37–46. https://doi.org/10.31289/jkbm.v8i1.5483

Mukson, Zaman, M. B., & Ikhwan, S. (2021). Analysis of Influence of Product Quality and Price on Buyer’s Decision. Journal of Business and Behavioural Entrepreneurship, 5(1), 149–160. https://doi.org/10.21009/JOBBE.005.1.10

Mukson, M. (2020). Budaya Kerja dan Kompetensi Kerja: Kinerja Karyawan SPBU di Kabupaten Brebes. Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa), 17(2), 10-20.

Sanusi, U. THE EFFECT OF PROMOTION AND PRODUCT DESIGN ON CONSUMER PURCHASE DECISIONS.

Sengaji, Z., & Wailmi, K. (2022). TINGKAT PENDIDIKAN DAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN TERHADAP USAHA KECIL MIKRO DI MASA COVID-19. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(2), 852-865.

Sengaji, Z., & Radiansyah, E. (2022). HOW ENTREPRENUR INTENTION TO DIGITISE MICRO, SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES. International Journal of Education and Social Science Research, 5(02), 26-35.

Sengaji, Z., & Wailmi, K. (2022). TINGKAT PENDIDIKAN DAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN TERHADAP USAHA KECIL MIKRO DI MASA COVID-19. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(2), 852-865.

Suyadi, S., Hakim, L. N., & Febriyanto, F. (2023). ANALISIS PENGARUH INFLASI DAN KURS TERHADAP FLUKTUASI NILAI SAHAM (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2021). Jurnal Riset Akuntansi Dan Manajemen Malahayati, 11(4). https://doi.org/10.33024/jrm.v11i4.8572

Tamam, T., & Sanusi, U. (2022). PENGARUH FASILITAS, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN SISWA PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 1 KALIANDA. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 1369-1376.

Wailmi, K. (2021). PRICE COMPETITION AND PROMOTIONAL ACTIVITIES ON THE PURCHASE BEHAVIOR OF YAMAHA MATIC MOTORCYCLES IN INDONESIA STUDY IN THE CITY OF KALIANDA LAMPUNG. International Journal of Economics, Business, and Entrepreneurship, 4(2), 126-140.

Wailmi, K., & Tamam, T. (2022). TOURISM DURING COVID19: SERVICE QUALITY AND LOCATION TOWARD CUSTOMER SATISFACTION. International Journal of Education and Social Science Research, 5(02), 355-363.

Downloads

Published

2023-04-29

How to Cite

Yunada, & Susilawati. (2023). Analisis Brand Switching Model Markov Chain Konsumen Rumah Sakit Pemerintah ke Rumah Sakit Swasta diKota Bandar Lampung. KALIANDA HALOK GAGAS, 6(1), 88–100. https://doi.org/10.52655/khg.v6i1.68

Issue

Section

Articles