PENGARUH STRATEGI SALE PROMOTION TERHADAP PEMASARAN PRODUK KESEHATAN (OBAT) PT ACTAVIS INDONESIA CABANG BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Egi Radiansyah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Kalianda
  • Eny Inti Suryani Universitas Muhammadiyah Lampung

DOI:

https://doi.org/10.52655/khg.v6i1.67

Keywords:

Strategi promosi penjualan, Produk Pemasaran Obat

Abstract

Sebagai perusahaan yang berkembang di bidang farmasi, untuk menguasai pasar suatu wilayah yang merupakan pasar yang potensial untuk meningkatkan angka penjualan seperti yang di targetkan, PT Actavis Indonesia Cabang Bandar Lampung berkonsentrasi dalam pengembangan masyarakat dalam pemulihan dan pemulihan kesehatan masyarakat di beberapa rumah sakit di Provinsi Lampung. Rumah Sakit Umum A Yani Jalan A Yani no.13 Metro Lampung merupakan salah satu sasaran yang potensial untuk pemasaran produk PT Activis, digunakan sebagai produk unggulan untuk kesembuhan pasien disana dengan melakukan strategi promosi penjualan terhadap produk pemasaran obat. Strategi promosi penjualan terhadap pemasaran produk obat telah dilakukan PT Actavis dengan cara melepas perwakilan medis (detailer) dalam kunjungan langsung dan menjelaskan secara detail segala sesuatu yang berhubungan dengan produk, hal ini merupakan promosi bagi paramedis (dokter,mantri,bidan,perawat) yang bekerja di rumah sakit tersebut. PT Actavis membujuk mereka untuk menggunakan untuk pemulihan rawat inap dan rawat jalan dengan memberikan resep ke toko obat di rumah sakit atau di luar rumah sakit / toko obat lain. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 22 responden pengaruh strategi promosi penjualan terhadap pemasaran produk obat PT Actavis Indonesia Cabang Bandar Lampung dengan menggunakan metode kuantitatif menyatakan bahwa “baik dan cukup” dengan koefisien hitung 0,480 dan uji hipotesis 2,447, hal ini termasuk korelasi sedang.

References

Arikunto Suharsimi.1991. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Binaksara.Jakarta.

Ali,Muhammad.1991. Penelitian pendidikan Prosedur dan Strategi.Amrico.Bandung.

Buchdadi, A. D., Sholeha, A., & Ahmad, G. N. (2020). The influence of financial literacy on SMEs performance through access to finance and financial risk attitude as mediation variables. Academy of Accounting and Financial Studies Journal, 24(5), 1-15.

ERISKA, E. R., Sari, A. K., & Hakim, L. N. (2022). PENGARUH SISTEM PELAYANAN, KUALITAS PRODUK TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN DI RESTORAN CEPAT SAJI BURGER KING. KALIANDA HALOK GAGAS, 5(1), 14-22.

Hakim, L. N. (2021). Effect of Product Quality and Service Quality on Customer Loyalty with Customer Satisfaction as an Intervenning Variables (Case Study on the Tirta Jasa Lampung Selatan Regional Company (PDAM)). Economit Journal: Scientific Journal of Accountancy, Management and Finance, 1(1), 48–56. https://doi.org/10.33258/economit.v1i1.374

Hakim, L. N., & Suhendi, A. (2012). Analisis Location Quotion versus Sumbangan Terhadap Pendapatan Domestik Regional Bruto dalam Penentuan Kawasan Ekonomi Basis di Provinsi Lampung. GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen Dan Akuntansi, 13(2), 120–134. https://doi.org/10.47768/gema.v13i2.239

Herwanto, H., & Radiansyah, E. (2022). Pengaruh Budaya Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Cabang Windu Karsa Bakauheni Lampung Selatan. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 1408-1418.

Mukson, M., Ikhwan, S., & Riono, S. B. (2021). Orientation of Entrepreneurship and Innovation in Improving the Company's Performance through Business Strategy. JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN), 8(1), 37-46.

Sucipto, H., & Syaifulloh, M. (2021). PENGARUH PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA, DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHADI SETIABUDI. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(3), 797-806.

Zaman, M. B., & Ikhwan, S. (2021). Analysis of Influence of Product Quality and Price on Buyer's Decision. Journal of Business and Behavioural Entrepreneurship, 5(1), 149-160.

Mukson, M., Hamidah, H., & Prabuwono, A. (2021). Work environment and entrepreneurship orientation towards MSME performance through organizational commitment. Management Science Letters, 11(3), 871-878.

Mukson, M. (2020). Budaya Kerja dan Kompetensi Kerja: Kinerja Karyawan SPBU di Kabupaten Brebes. Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa), 17(2), 10-20.

Lukman Nuzul Hakim, Muh Abd Rosid, & Indah Kusumawati. (2022). EFFECT OF JOB SATISFACTION AND ORGANIZATIONAL COMMITMENT TO TURNOVER INTENTION AT PT. ACS AEROFOOD. International Journal of Social Science, 2(2), 1431–1440. https://doi.org/10.53625/ijss.v2i2.3070

Nugroho, S. D., & Hakim, L. N. (2022). ANALISIS FAKTOR MOTIVASI BERWIRAUSAHA YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA MASYARAKAT DI DESA BATANGHARI LAMPUNG TIMUR. KALIANDA HALOK GAGAS, 4(2), 120-128.

Radiansyah, E. (2022). PELATIHAN MANAJEMEN KEUANGAN DAN PEMASARAN BAGI KOMUNITAS PEDAGANG DI TUGU PENGANTIN LUNGSIR. Abdi Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.58258/abdi.v4i2.4083

Radiansyah, E. (2022). PENGARUH ULASAN PALSU PADA KONSUMEN: TINJAUAN LITERATUR DAN ARAH PENELITIAN MASA DEPAN. KALIANDA HALOK GAGAS, 5(1), 42-49.

Radiansyah, E. (2022). PERAN DIGITALISASI TERHADAP KEWIRAUSAHAAN DIGITAL: TINJAUAN LITERATUR DAN ARAH PENELITIAN MASA DEPAN. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(2), 828-837.

Radiansyah, E. The Role of Message, Sender, and Receiver in E-WOM: A Literature Review. Strategic Alliance Between, 236.

Rahayu, K. S. (2021). E-ServQual on E-Trust, E-Satisfaction and Online Repurchase Intention. Review of International Geographical Education Online, 11(4).

Saodin. (2021). PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP KONSUMEN PADA HOTEL SYARIAH NUSANTARA. KALIANDA HALOK GAGAS, 4(1), 44–57. https://doi.org/10.52655/khg.v4i1.11

Saodin, S. (2021). PENGARUH SALES PROMOTION DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING. INTERCODE, 1(2).

Saodin, S. (2021). Pengaruh E-Servqual Terhadap E-Satisfaction, E-Wom Dan Online Repurchase Intention. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen, 12(1), 15-30

Sanusi, U. THE EFFECT OF PROMOTION AND PRODUCT DESIGN ON CONSUMER PURCHASE DECISIONS.

Sengaji, Z., & Radiansyah, E. (2022). HOW ENTREPRENUR INTENTION TO DIGITISE MICRO, SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES. International Journal of Education and Social Science Research, 05(02), 26–35. https://doi.org/10.37500/IJESSR.2022.5203

Sengaji, Z., & Wailmi, K. (2022). TINGKAT PENDIDIKAN DAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN TERHADAP USAHA KECIL MIKRO DI MASA COVID-19. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(2), 852-865.

Sengaji, Z., & Wailmi, K. (2022). TINGKAT PENDIDIKAN DAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN TERHADAP USAHA KECIL MIKRO DI MASA COVID-19. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(2), 852-865.

Sidiq, M. F., & Aziz, A. (2021). PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP KONSUMEN PADA HOTEL SYARIAH NUSANTARA. KALIANDA HALOK GAGAS, 4(1), 45-58.

Susilawati, Suryani, E. I., & Sanora, S. (2022). Swot Strategy Analysis in Improving tSusilawati, Suryani, E. I., & Sanora, S. (2022). Swot Strategy Analysis in Improving the Quality of Public Services During the Covid-19 Pandemi (Study at Pekon Soponyono, Wonosobo District, Tanggamus Regency). Legal Br. Legal Brief, 11(5), 3139–3144. https://doi.org/https://doi.org/10.35335/legal.v11i5.631

Suyadi, S., Hakim, L. N., & Febriyanto, F. (2023). ANALISIS PENGARUH INFLASI DAN KURS TERHADAP FLUKTUASI NILAI SAHAM (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2021). Jurnal Riset Akuntansi Dan Manajemen Malahayati, 11(4). https://doi.org/10.33024/jrm.v11i4.8572

Tamam. (2021). PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA KALIBATA COFFEE KALIANDA. KALIANDA HALOK GAGAS, 4(1). https://doi.org/10.52655/khg.v4i1.9

Tamam, T., & Sanusi, U. (2022). PENGARUH FASILITAS, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN SISWA PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 1 KALIANDA. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 1369-1376.

Wailmi, K., & Tamam, T. (2022). TOURISM DURING COVID19: SERVICE QUALITY AND LOCATION TOWARD CUSTOMER SATISFACTION. International Journal of Education and Social Science Research, 05(02), 355–363. https://doi.org/10.37500/IJESSR.2022.5222

Wailmi, K. (2021). PRICE COMPETITION AND PROMOTIONAL ACTIVITIES ON THE PURCHASE BEHAVIOR OF YAMAHA MATIC MOTORCYCLES IN INDONESIA STUDY IN THE CITY OF KALIANDA LAMPUNG. International Journal of Economics, Business, and Entrepreneurship, 4(2), 126-140.

Zainul, A. (2019). The Influence of E-service Quality toward E-satisfaction, E-trust, E-word of Mouth and Online Repurchase Intention: A Study on the Consumers of the Three-star Hotels in Lampung. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 93(9), 27-38.

Downloads

Published

2023-04-27

How to Cite

Radiansyah, E., & Eny Inti Suryani. (2023). PENGARUH STRATEGI SALE PROMOTION TERHADAP PEMASARAN PRODUK KESEHATAN (OBAT) PT ACTAVIS INDONESIA CABANG BANDAR LAMPUNG. KALIANDA HALOK GAGAS, 6(1), 78–87. https://doi.org/10.52655/khg.v6i1.67

Issue

Section

Articles