PENGARUH KUALITAS PELAYANAN WISATA DAN KEPUASAN WISATAWAN TERHADAP LOYALITAS WISATAWAN PADA RM. PINDANG MERANJAT RIU DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Tamam anak
  • Herwanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Kalianda
  • Selviana Hidayat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Kalianda

DOI:

https://doi.org/10.52655/khg.v6i1.63

Keywords:

Perilaku Wisatawan, Kualitas Pelayanan Wisata, Penilaian Kepuasan

Abstract

Tantangan terbesar yang dihadapi destinasi wisata khususnya bagian pemasaran adalah bagaimana mempengaruhi perilaku wisatawan untuk mendukung produk baru berupa barang atau jasa yang ditawarkan kepada wisatawan. rating ilmu perilaku (tourist behavior) mempelajari bagaimana individu, kelompok dan organisasi memilih, membeli, memakai, dan menggunakan produk untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku wisatawan dalam berkunjung ke RM. Pindang Meranjat Riu di Bandar Lampung. Selanjutnya penelitian ini mengkaji variabel Kualitas Pelayanan Pariwisata dan Kepuasan Wisatawan yang dapat mendorong perilaku wisatawan dalam mendukung Loyalitas Wisatawan untuk berkunjung dan berkunjung kembali di RM. Pindang Meranjat Riu di Bandar Lampung. Penelitian explanatory ini menggunakan paradigma penelitian kuantitatif dengan melibatkan 100 responden pengunjung wisatawan nusantara RM. Pindang Meranjat Riu di Bandar Lampung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Travel Service Quality secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Traveler, Kepuasan Traveler secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Traveler. Kualitas Pelayanan Pariwisata dan Penilaian Kepuasan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Wisatawan.

References

Ali, Hasan (2008), “Marketing” Yogyakarta, Media Pressindo

Ani Wijayanti, Ani. S, (2004), “Pentingnya Perilaku Konsumen dalam Menciptakan Iklan Yang Efektif”, puslit, petra.ac.id.

Buchdadi, A. D., Sholeha, A., & Ahmad, G. N. (2020). The influence of financial literacy on SMEs performance through access to finance and financial risk attitude as mediation variables. Academy of Accounting and Financial Studies Journal, 24(5), 1-15.

Buchori, Alma (2008), “Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa” Bandung, Alfabeta.

Canny, Ivyanno and Nila Hidayat (2012), “The Influence of Service Quality and Tourist Satisfaction on Future Behavioral Intentions: The Case Study of Borobudur Temple as a UNESCO World Culture Heritage Destination”,3rd International Conference on Business, Economics and Tourism Management (CBETM 2012), pp.89-97

Dick, A. and Basu, K., (1994), Customer loyalty: towards an integrated framework. Journal of the Academy of Marketing Science Vol. 22, No. 2, pp. 99-113

Griffin, Jill (1995) “Customer Loyalty – How to Earn It, How to KeepIt”, New York: Lexington Books

Hakim, L. N. (2021). Effect of Product Quality and Service Quality on Customer Loyalty with Customer Satisfaction as an Intervenning Variables (Case Study on the Tirta Jasa Lampung Selatan Regional Company (PDAM)). Economit Journal: Scientific Journal of Accountancy, Management and Finance, 1(1), 48–56. https://doi.org/10.33258/economit.v1i1.374

Hakim, L. N., & Suhendi, A. (2021). Analisis Location Quotion versus Sumbangan Terhadap Pendapatan Domestik Regional Bruto dalam Penentuan Kawasan Ekonomi Basis di Provinsi Lampung. GEMA: Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi, 13(2), 120-134.

Herwanto, H., & Radiansyah, E. (2022). PENGARUH BUDAYA KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. CABANG WINDU KARSA BAKAUHENI LAMPUNG SELATAN. E-Qien, 11(1), 1408–1418. https://doi.org/https://doi.org/10.34308/eqien.v11i1.876

Lukman Nuzul Hakim, Muh Abd Rosid, & Indah Kusumawati. (2022). EFFECT OF JOB SATISFACTION AND ORGANIZATIONAL COMMITMENT TO TURNOVER INTENTION AT PT. ACS AEROFOOD. International Journal of Social Science, 2(2), 1431–1440. https://doi.org/10.53625/ijss.v2i2.3070

Mukson, M., Ikhwan, S., & Riono, S. B. (2021). Orientation of Entrepreneurship and Innovation in Improving the Company's Performance through Business Strategy. JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN), 8(1), 37-46.

Mukson, M., Hamidah, H., & Prabuwono, A. (2021). Work environment and entrepreneurship orientation towards MSME performance through organizational commitment. Management Science Letters, 11(3), 871-878.

Mukson, M. (2020). Budaya Kerja dan Kompetensi Kerja: Kinerja Karyawan SPBU di Kabupaten Brebes. Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa), 17(2), 10-20.

Nerson, N., Adistira, A. B., & Dwianto, A. (2022). PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING, PERCEIVED QUALITY DAN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LUWAK WHITE KOFFIE. KALIANDA HALOK GAGAS, 5(1), 1-13.

Qolbi, T., Nasyi’atun Inayati Utami, Febriyanto, & Edison Ginting. (2023). PENGARUH KEADILAN ORGANISASI, BUDAYA ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DI SEKRETARIAT DAERAH KOTA METRO. KALIANDA HALOK GAGAS, 5(2), 150–163. https://doi.org/10.52655/khg.v5i2.58

Rahayu, K. S. (2021). E-ServQual on E-Trust, E-Satisfaction and Online Repurchase Intention. Review of International Geographical Education Online, 11(4).

Radiansyah, E. (2022). PELATIHAN MANAJEMEN KEUANGAN DAN PEMASARAN BAGI KOMUNITAS PEDAGANG DI TUGU PENGANTIN LUNGSIR. Abdi Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.58258/abdi.v4i2.4083

Radiansyah, E. (2022). PENGARUH ULASAN PALSU PADA KONSUMEN: TINJAUAN LITERATUR DAN ARAH PENELITIAN MASA DEPAN. KALIANDA HALOK GAGAS, 5(1), 42-49.

Radiansyah, E. The Role of Message, Sender, and Receiver in E-WOM: A Literature Review. Strategic Alliance Between, 236.

Sanusi, U. THE EFFECT OF PROMOTION AND PRODUCT DESIGN ON CONSUMER PURCHASE DECISIONS.

Saodin. (2021a). PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP KONSUMEN PADA HOTEL SYARIAH NUSANTARA. KALIANDA HALOK GAGAS, 4(1), 44–57. https://doi.org/10.52655/khg.v4i1.11

Saodin, S. (2021). PENGARUH SALES PROMOTION DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING. INTERCODE, 1(2).

Saodin, S. (2021b). PENGARUH E-SERVQUAL TERHADAP E-SATISFACTION, E-WOM DAN ONLINE REPURCHASE INTENTION. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen: Jurnal Ilmiah Multi Science, 12(1), 15–30. https://doi.org/10.52657/jiem.v12i1.1450

Sengaji, Z., & Wailmi, K. (2022). TINGKAT PENDIDIKAN DAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN TERHADAP USAHA KECIL MIKRO DI MASA COVID-19. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(2), 852-865.

Sengaji, Z., & Radiansyah, E. HOW ENTREPRENUR INTENTION TO DIGITISE MICRO, SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES.

Sucipto, H., & Syaifulloh, M. (2021). PENGARUH PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA, DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHADI SETIABUDI. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(3), 797-806.

Suyadi, S., Hakim, L. N., & Febriyanto, F. (2023). ANALISIS PENGARUH INFLASI DAN KURS TERHADAP FLUKTUASI NILAI SAHAM (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2021). Jurnal Riset Akuntansi Dan Manajemen Malahayati, 11(4). https://doi.org/10.33024/jrm.v11i4.8572

Wailmi, K. (2021). PRICE COMPETITION AND PROMOTIONAL ACTIVITIES ON THE PURCHASE BEHAVIOR OF YAMAHA MATIC MOTORCYCLES IN INDONESIA STUDY IN THE CITY OF KALIANDA LAMPUNG. International Journal of Economics, Business, and Entrepreneurship, 4(2), 126-140.

Wailmi, K., & Tamam, T. (2022). TOURISM DURING COVID19: SERVICE QUALITY AND LOCATION TOWARD CUSTOMER SATISFACTION. International Journal of Education and Social Science Research, 05(02), 355–363. https://doi.org/10.37500/IJESSR.2022.5222

Zainul, A. (2019). The Influence of E-service Quality toward E-satisfaction, E-trust, E-word of Mouth and Online Repurchase Intention: A Study on the Consumers of the Three-star Hotels in Lampung. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 93(9), 27-38.

Zaman, M. B., & Ikhwan, S. (2021). Analysis of Influence of Product Quality and Price on Buyer's Decision. Journal of Business and Behavioural Entrepreneurship, 5(1), 149-160.

Downloads

Published

2023-04-26

How to Cite

Tamam, Herwanto, & Selviana Hidayat. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN WISATA DAN KEPUASAN WISATAWAN TERHADAP LOYALITAS WISATAWAN PADA RM. PINDANG MERANJAT RIU DI KOTA BANDAR LAMPUNG. KALIANDA HALOK GAGAS, 6(1), 30–45. https://doi.org/10.52655/khg.v6i1.63

Issue

Section

Articles