ANALISIS SISA HASIL USAHA PADA KOPERASI SAPTAWA PROVINSI LAMPUNG

Authors

  • Khil wailmi stie muhammadiyah Kalianda
  • Zulfahmi Sengaji Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Kalianda
  • Uswatun Khoiria Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Kalianda

DOI:

https://doi.org/10.52655/khg.v6i1.62

Keywords:

partisipasi aktif anggota terhadap laba bersih ( SHU )

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas anggota koperasi terhadap pembagian hasil usaha (SHU) yang diterima anggota KPRI Saptawa Provinsi Lampung. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari KPRI Saptawa Provinsi Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota KPRI Saptawa Provinsi Lampung yang berjumlah 4.722 anggota yang terdiri dari 56 jabatan. Besar sampel diambil sebanyak 137 anggota salah satu departemen yaitu departemen DPRD Propinsi Lampung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) peran aktif anggota dalam memanfaatkan layanan yang telah diberikan oleh KPRI Saptawa sangat penting dalam meningkatkan perolehan laba bersih (SHU) yang diterima setiap anggota dan secara langsung dapat mengembangkan pendapatan koperasi. 2) semakin anggota aktif dalam fasilitas pinjaman di bawah satu tahun akan mendapatkan SHU lebih besar dari pada anggota yang hanya melakukan penyimpanan tanpa meminjam.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Buchdadi, A. D., Sholeha, A., & Ahmad, G. N. (2020). The influence of financial literacy on SMEs performance through access to finance and financial risk attitude as mediation variables. Academy of Accounting and Financial Studies Journal, 24(5), 1-15.

Hakim, L. N. (2021). Effect of Product Quality and Service Quality on Customer Loyalty with Customer Satisfaction as an Intervenning Variables (Case Study on the Tirta Jasa Lampung Selatan Regional Company (PDAM)). Economit Journal: Scientific Journal of Accountancy, Management and Finance, 1(1), 48-56.

Hakim, L. N., & Suhendi, A. (2012). Analisis Location Quotion versus Sumbangan Terhadap Pendapatan Domestik Regional Bruto dalam Penentuan Kawasan Ekonomi Basis di Provinsi Lampung. GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen Dan Akuntansi, 13(2), 120–134. https://doi.org/10.47768/gema.v13i2.239

Herwanto, H., & Radiansyah, E. (2022). PENGARUH BUDAYA KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. CABANG WINDU KARSA BAKAUHENI LAMPUNG SELATAN. E-Qien, 11(1), 1408–1418. https://doi.org/https://doi.org/10.34308/eqien.v11i1.876

Limbong, Bernhard. 2012. Pengusaha Koperasi. Jakarta: Margaretha Pustaka.

Lukman Nuzul Hakim, Muh Abd Rosid, & Indah Kusumawati. (2022). EFFECT OF JOB SATISFACTION AND ORGANIZATIONAL COMMITMENT TO TURNOVER INTENTION AT PT. ACS AEROFOOD. International Journal of Social Science, 2(2), 1431–1440. https://doi.org/10.53625/ijss.v2i2.3070

MARTONO, M. (2020). MANFAAT PENDIDIKAN DASAR BAGI ANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAM CREDIT UNION PANCUR KASIH TEMPAT PELAYANAN BENGKAYANG. Jurnal Ekonomi Integra, 10(2), 098. https://doi.org/10.51195/iga.v10i2.140

Mukson, M., Ikhwan, S., & Riono, S. B. (2021). Orientation of Entrepreneurship and Innovation in Improving the Company's Performance through Business Strategy. JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN), 8(1), 37-46.

Mukson, M., Hamidah, H., & Prabuwono, A. (2021). Work environment and entrepreneurship orientation towards MSME performance through organizational commitment. Management Science Letters, 11(3), 871-878.

Mukson, M. (2020). Budaya Kerja dan Kompetensi Kerja: Kinerja Karyawan SPBU di Kabupaten Brebes. Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa), 17(2), 10-20.

Mulyono. 2012. Buku Pintar Strategi Bisnis Koperasi Simpan Pinjam. Yogyakarta: ANDI.

Nerson, N., Adistira, A. B., & Dwianto, A. (2022). PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING, PERCEIVED QUALITY DAN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LUWAK WHITE KOFFIE. KALIANDA HALOK GAGAS, 5(1), 1-13.

Nugroho, S. D., & Hakim, L. N. (2022). ANALISIS FAKTOR MOTIVASI BERWIRAUSAHA YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA MASYARAKAT DI DESA BATANGHARI LAMPUNG TIMUR. KALIANDA HALOK GAGAS, 4(2), 120-128.

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.

Radiansyah, E. (2022). PELATIHAN MANAJEMEN KEUANGAN DAN PEMASARAN BAGI KOMUNITAS PEDAGANG DI TUGU PENGANTIN LUNGSIR. Abdi Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.58258/abdi.v4i2.4083

Radiansyah, E. (2022). PERAN DIGITALISASI TERHADAP KEWIRAUSAHAAN DIGITAL: TINJAUAN LITERATUR DAN ARAH PENELITIAN MASA DEPAN. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(2), 828-837.

Radiansyah, E. (2022). PENGARUH ULASAN PALSU PADA KONSUMEN: TINJAUAN LITERATUR DAN ARAH PENELITIAN MASA DEPAN. KALIANDA HALOK GAGAS, 5(1), 42-49.

Radiansyah, E. The Role of Message, Sender, and Receiver in E-WOM: A Literature Review. Strategic Alliance Between, 236.

Rahayu, K. S. (2021). E-ServQual on E-Trust, E-Satisfaction and Online Repurchase Intention. Review of International Geographical Education Online, 11(4).

Sangadji, Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis Dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Sanusi, U. THE EFFECT OF PROMOTION AND PRODUCT DESIGN ON CONSUMER PURCHASE DECISIONS.

Saodin, S. (2021). PENGARUH E-SERVQUAL TERHADAP E-SATISFACTION, E-WOM DAN ONLINE REPURCHASE INTENTION. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen: Jurnal Ilmiah Multi Science, 12(1), 15–30. https://doi.org/10.52657/jiem.v12i1.1450

Saodin, S. (2021). PENGARUH SALES PROMOTION DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING. INTERCODE, 1(2).

Sengaji, Z., & Radiansyah, E. (2022). HOW ENTREPRENUR INTENTION TO DIGITISE MICRO, SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES. International Journal of Education and Social Science Research, 05(02), 26–35. https://doi.org/10.37500/IJESSR.2022.5203

Sengaji, Z., & Wailmi, K. (2022). TINGKAT PENDIDIKAN DAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN TERHADAP USAHA KECIL MIKRO DI MASA COVID-19. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(2), 852-865.

Sidiq, M. F., & Aziz, A. (2021). PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP KONSUMEN PADA HOTEL SYARIAH NUSANTARA. KALIANDA HALOK GAGAS, 4(1), 45-58.

Sucipto, H., & Syaifulloh, M. (2021). PENGARUH PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA, DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHADI SETIABUDI. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(3), 797-806.

Sudarsono, Edilius. 2010. Koperasi dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukandarrumidi. 2006. Metodologi Penelitian Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula. Cetakan ketiga. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Susilawati, Suryani, E. I., & Sanora, S. (2022). Swot Strategy Analysis in Improving tSusilawati, Suryani, E. I., & Sanora, S. (2022). Swot Strategy Analysis in Improving the Quality of Public Services During the Covid-19 Pandemi (Study at Pekon Soponyono, Wonosobo District, Tanggamus Regency). Legal Br. Legal Brief, 11(5), 3139–3144. https://doi.org/https://doi.org/10.35335/legal.v11i5.631

Suyadi, S., Hakim, L. N., & Febriyanto, F. (2023). ANALISIS PENGARUH INFLASI DAN KURS TERHADAP FLUKTUASI NILAI SAHAM (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2021). Jurnal Riset Akuntansi Dan Manajemen Malahayati, 11(4). https://doi.org/10.33024/jrm.v11i4.8572

Tamam. (2021). PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA KALIBATA COFFEE KALIANDA. KALIANDA HALOK GAGAS, 4(1). https://doi.org/10.52655/khg.v4i1.9

Tamam, T., & Sanusi, U. (2022). PENGARUH FASILITAS, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN SISWA PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 1 KALIANDA. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 1369-1376.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KPRI (Saptawa) Provinsi Lampung.

Wailmi, K. (2021). PRICE COMPETITION AND PROMOTIONAL ACTIVITIES ON THE PURCHASE BEHAVIOR OF YAMAHA MATIC MOTORCYCLES IN INDONESIA STUDY IN THE CITY OF KALIANDA LAMPUNG. International Journal of Economics, Business, and Entrepreneurship, 4(2), 126-140.

Wailmi, K., & Tamam, T. (2022). TOURISM DURING COVID19: SERVICE QUALITY AND LOCATION TOWARD CUSTOMER SATISFACTION. International Journal of Education and Social Science Research, 5(02), 355-363.

Zainul, A. (2019). The Influence of E-service Quality toward E-satisfaction, E-trust, E-word of Mouth and Online Repurchase Intention: A Study on the Consumers of the Three-star Hotels in Lampung. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 93(9), 27-38.

Zaman, M. B., & Ikhwan, S. (2021). Analysis of Influence of Product Quality and Price on Buyer's Decision. Journal of Business and Behavioural Entrepreneurship, 5(1), 149-160.

Downloads

Published

2023-04-26

How to Cite

Khil wailmi, Zulfahmi Sengaji, & Uswatun Khoiria. (2023). ANALISIS SISA HASIL USAHA PADA KOPERASI SAPTAWA PROVINSI LAMPUNG. KALIANDA HALOK GAGAS, 6(1), 16–29. https://doi.org/10.52655/khg.v6i1.62

Issue

Section

Articles