PENERAPAN SWOT DALAM PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM SUNMORY MILK SIDOARJO

Authors

  • Iswahyudi Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya
  • Lukluk Ilmaknun
  • Shinta Wardatuz Zuhriyah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya
  • Leonard Adrie Manafe Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.52655/khg.v4i1.6

Abstract

Topik penelitian terkait dengan usaha makanan dan minuman sehingga perlu menjadi perhatian serius perusahaan agar produk yang dikonsumsi pelanggan tepat sasaran. Apalagi terdapat persaingan bisnis yang sangat ketat dalam industri kuliner. Untuk itu, peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisa metode SWOT Analysis yang dijadikan dasar untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat pada perusahaan Sunmory Milk. Metode yang digunakan melalui pendekatan kualitatif deskripsi dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 31 konsumen Sunmory Milk sebagai informan penelitian. Lokasi usaha terletak di Desa Granting, Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur. Dari pembahasan hasil penelitian disimpulkan bahwa kekuatan dari produk Sunmory Milk adalah harga yang terjangkau dengan kualitas rasa yang premium dan inovasi yang membuat produk minuman Sunmory Milk beda dengan produk yang lainnya. Terdapat kelemahan dalam jumlah tenaga kerja yang kurang memadai dan pengaturan manajemen waktu yang kurang baik. Peluang Sunmory Milk yaitu belum banyaknya pesaing sejenis diarea lokasi usaha sehingga berpeluang untuk melakukan pelebaran usaha dan peningkatan pendapatan perusahaan. Ancaman adanya kesempatan usaha sejenis meniru kekuatan perusahaan terkati mutu produk, kemasan produk dan persaingan harga

References

Assauri, 2017. Manajemen Pemasaran: Konsep, Dasar, dan Strategi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Cahyono, Puguh. 2016. Implementasi Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Metode SWOT dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Asuransi Kecelakaan dan Kematian pada PT. Prudential Cabang Lamongan. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen. Volume 1(2); 2502-3780.

Chandra, 2017. Strategi Pemasaran. Islamic. Jakarta: Universitas Bina Sarana Informatika.

Freddy, Rangkuti, 2016. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 19

Hakim, L. N. (2022). Pelatihan Membuat Website Digital Marketing Dengan Google Site Untuk Meningkatkan Kompetensi Keahlian Dikalangan Mahasiswa. KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 69-73.

Nuary, Nizar Sapta. 2016. Strategi Pemasaran dengan Pendekatan Analisis SWOT pada PT. Super Sukses Motor Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis. Volume 2(1); 30-42.

Rangkuti, 2017. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT, Jurnal. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta . 26

Rangkuti, 2017. Matrik SWOT alat yang dipakai untuk menyusun faktor-faktor strategis perusahaan, Jurnal. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. 83-84

Sengaji, Z., & Radiansyah, E. HOW ENTREPRENUR INTENTION TO DIGITISE MICRO, SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Tamam, T., & Sanusi, U. (2022). PENGARUH FASILITAS, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN SISWA PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 1 KALIANDA. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 1369-1376.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Iswahyudi Pratama, Lukluk Ilmaknun, Shinta Wardatuz Zuhriyah, & Adrie Manafe, L. (2021). PENERAPAN SWOT DALAM PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM SUNMORY MILK SIDOARJO. KALIANDA HALOK GAGAS, 4(1), 9–21. https://doi.org/10.52655/khg.v4i1.6

Issue

Section

Articles