PENERAPAN SWOT DALAM PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM SUNMORY MILK SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.52655/khg.v4i1.6Abstract
Topik penelitian terkait dengan usaha makanan dan minuman sehingga perlu menjadi perhatian serius perusahaan agar produk yang dikonsumsi pelanggan tepat sasaran. Apalagi terdapat persaingan bisnis yang sangat ketat dalam industri kuliner. Untuk itu, peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisa metode SWOT Analysis yang dijadikan dasar untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat pada perusahaan Sunmory Milk. Metode yang digunakan melalui pendekatan kualitatif deskripsi dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 31 konsumen Sunmory Milk sebagai informan penelitian. Lokasi usaha terletak di Desa Granting, Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur. Dari pembahasan hasil penelitian disimpulkan bahwa kekuatan dari produk Sunmory Milk adalah harga yang terjangkau dengan kualitas rasa yang premium dan inovasi yang membuat produk minuman Sunmory Milk beda dengan produk yang lainnya. Terdapat kelemahan dalam jumlah tenaga kerja yang kurang memadai dan pengaturan manajemen waktu yang kurang baik. Peluang Sunmory Milk yaitu belum banyaknya pesaing sejenis diarea lokasi usaha sehingga berpeluang untuk melakukan pelebaran usaha dan peningkatan pendapatan perusahaan. Ancaman adanya kesempatan usaha sejenis meniru kekuatan perusahaan terkati mutu produk, kemasan produk dan persaingan harga
References
Assauri, 2017. Manajemen Pemasaran: Konsep, Dasar, dan Strategi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Cahyono, Puguh. 2016. Implementasi Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Metode SWOT dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Asuransi Kecelakaan dan Kematian pada PT. Prudential Cabang Lamongan. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen. Volume 1(2); 2502-3780.
Chandra, 2017. Strategi Pemasaran. Islamic. Jakarta: Universitas Bina Sarana Informatika.
Freddy, Rangkuti, 2016. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 19
Hakim, L. N. (2022). Pelatihan Membuat Website Digital Marketing Dengan Google Site Untuk Meningkatkan Kompetensi Keahlian Dikalangan Mahasiswa. KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 69-73.
Nuary, Nizar Sapta. 2016. Strategi Pemasaran dengan Pendekatan Analisis SWOT pada PT. Super Sukses Motor Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis. Volume 2(1); 30-42.
Rangkuti, 2017. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT, Jurnal. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta . 26
Rangkuti, 2017. Matrik SWOT alat yang dipakai untuk menyusun faktor-faktor strategis perusahaan, Jurnal. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. 83-84
Sengaji, Z., & Radiansyah, E. HOW ENTREPRENUR INTENTION TO DIGITISE MICRO, SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Tamam, T., & Sanusi, U. (2022). PENGARUH FASILITAS, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN SISWA PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 1 KALIANDA. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 1369-1376.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 KALIANDA HALOK GAGAS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Licensing Policy: OpenJournalSystems.com sells a wide range of custom created content including themes and plugins for Open Journal Systems (OJS), and open source platforms. These custom themes and plugins are sold under what is known as a Default Split License.