ANALISIS PENDAPATAN PEDAGANG KAKI LIMA SELAMA MASA PEMBUKAAN ALUN-ALUN AIMAS KABUPATEN SORONG

Authors

  • Rokhimah Institut Agama Islam Negeri Sorong
  • Andi Hasrun Institut Agama Islam Negeri Sorong
  • Karfin Institut Agama Islam Negeri Sorong
  • Agilistya Rahayu Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Revenue, Street Vendors, Opening of Aimas Square

Abstract

In this study the aim was to analyze whether income from street vendors had an effect on before and after the opening of Aimas Square. For this study, we used secondary data sourced from scientific journals and primary data sourced directly from interviews conducted in the field. which the analysis was carried out using qualitative analysis. The results of this study indicate that there are differences in income for street vendors before and after the opening of Aimas Square. So that there were several traders who moved locations when the Square was closed

References

Ernawati, Lili, Zainal Arifin, and Hendra Kusuma. “Analisis Pendapatan Pedagang Kaki Lima Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Alun-Alun Kota Blitar.” Jurnal Ekonomi Pembangunan 7, no. 2 (2021): 113–122.

Marhawati, Marhawati. “Analisis Pendapatan Pedagang Kaki Lima Sektor Informal Di Kecamatan Rappocini Kota Makassar.” JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan 3, no. 1 (2020): 68.

Purwokerto, Jenderal Soedirman, and Kabupaten Banyumas. “Jaiin,” no. I (2010).

Samosir. “Analisis Pendapatan Pedagang Kaki Lima Sektor Informal Di Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang.” Fakultas Ekonomika dan Bisnis (2015): 22–23.

Sumadi, M, and Ag. “Ideologi Bias Gender Dalam Lembaran Fikih Populer Di Indonesia” 1, no. 1 (2018): 1–15.

Purwosutjipto, Pengertian Pokok Hukum Dagang Indonesia: Pengetahuan Dasar Hukum Dagang, (Jakarta: Djambatan, 1999), 10.

Evers HD dan Rudiger Korff. Urbanisasi di Asia tenggara: Makna dan kekuasaan dalam ruang-ruang sosial. (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2002), 234.

Sonny Sumarsono, Teori dan Kebijakan Publik Ekonomi Sumber Daya Manusia, (Yogyakarta: GrahaIlmu, 2009), h. 307.

Ali Achsan. Model Tranformasi Sosial sektor informal: Sejarah, Teori dan Praksis Pedagang Kaki Lima. (Malang: In- TRANS Publishing), h. 42.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta : Balai Pustaka, 1998).,185

BN Marbun, Kamus Manajemen, (Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2003).,230

Reksoprayitno, Sistem Ekonomi dan Demokrasi Ekonomi, ( Jakarta : Bina Grafika, 2004).,79

Soekartawi, Faktor – faktor Produksi, (Jakarta : Salemba Empat,2002).,132

Syafi’i Antonio, Bank Syariah dari Teori ke Praktek, (Jakarta : Gema Insani,2001),204

SofyanSyafi’iHarahap, Akutansi Islam, (Jakarta:BumiAksara, 2003), 50

Suparmono, Pengantar Ekonomika Makro, (Yogyakarta:UPP, 2002), 18

Junaiddin Zakaria, Pengantar Teori Ekonomi Makro, (Jakarta : Gaung Persada Press,2009),18

Susilo Priyono dan M, Soerata, Kiat Sukses Wirausaha, (Yogyakarta : Palem Pustaka, 2005) ,90-113

Yuyus Suryana dan Kartib Bayu, Kewirausahaan Pendekatan Karakteristik Wirausahaan Sukse, (Jakarta : Prenada Media Group, 2010), 90-101

Hakim, L. N. (2021). Effect of Product Quality and Service Quality on Customer Loyalty with Customer Satisfaction as an Intervenning Variables (Case Study on the Tirta Jasa Lampung Selatan Regional Company (PDAM)). Economit Journal: Scientific Journal of Accountancy, Management and Finance, 1(1), 48-56.

Hakim, L. N., & Suhendi, A. (2021). Analisis Location Quotion versus Sumbangan Terhadap Pendapatan Domestik Regional Bruto dalam Penentuan Kawasan Ekonomi Basis di Provinsi Lampung. GEMA: Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi, 13(2), 120-134.

Saodin, S. (2021). PENGARUH SALES PROMOTION DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING. INTERCODE, 1(2).

Sidiq, M. F., & Aziz, A. (2021). PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP KONSUMEN PADA HOTEL SYARIAH NUSANTARA. KALIANDA HALOK GAGAS, 4(1), 45-58.

Saodin, S. (2021). Pengaruh E-Servqual Terhadap E-Satisfaction, E-Wom Dan Online Repurchase Intention. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen, 12(1), 15-30.

Suyadi, S., Hakim, L. N., & Febriyanto, F. (2022). ANALISIS PENGARUH INFLASI DAN KURS TERHADAP FLUKTUASI NILAI SAHAM (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2021). Jurnal Riset Akuntansi dan Manajemen Malahayati, 11(4).

Hakim, L. N., Abd Rosid, M., & Kusumawati, I. (2022). EFFECT OF JOB SATISFACTION AND ORGANIZATIONAL COMMITMENT TO TURNOVER INTENTION AT PT. ACS AEROFOOD. International Journal of Social Science, 2(2), 1431-1440.

ERISKA, E. R., Sari, A. K., & Hakim, L. N. (2022). PENGARUH SISTEM PELAYANAN, KUALITAS PRODUK TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN DI RESTORAN CEPAT SAJI BURGER KING. KALIANDA HALOK GAGAS, 5(1), 14-22.

Nugroho, S. D., & Hakim, L. N. (2022). ANALISIS FAKTOR MOTIVASI BERWIRAUSAHA YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA MASYARAKAT DI DESA BATANGHARI LAMPUNG TIMUR. KALIANDA HALOK GAGAS, 4(2), 120-128.

Herwanto, H., & Radiansyah, E. (2022). Pengaruh Budaya Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Cabang Windu Karsa Bakauheni Lampung Selatan. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 1408-1418.

Radiansyah, E. (2022). PERAN DIGITALISASI TERHADAP KEWIRAUSAHAAN DIGITAL: TINJAUAN LITERATUR DAN ARAH PENELITIAN MASA DEPAN. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(2), 828-837.

Radiansyah, E. (2022). PENGARUH ULASAN PALSU PADA KONSUMEN: TINJAUAN LITERATUR DAN ARAH PENELITIAN MASA DEPAN. KALIANDA HALOK GAGAS, 5(1), 42-49.

Radiansyah, E. (2022). Pelatihan Manajemen Keuangan Dan Pemasaran Bagi Komunitas Pedagang Di Tugu Pengantin Lungsir. Abdi Masyarakat, 4(2).

Nerson, N., Adistira, A. B., & Dwianto, A. (2022). PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING, PERCEIVED QUALITY DAN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LUWAK WHITE KOFFIE. KALIANDA HALOK GAGAS, 5(1), 1-13.

Tamam, T., & Sanusi, U. (2022). PENGARUH FASILITAS, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN SISWA PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 1 KALIANDA. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 1369-1376.

Mukson, M., Ikhwan, S., & Riono, S. B. (2021). Orientation of Entrepreneurship and Innovation in Improving the Company's Performance through Business Strategy. JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN), 8(1), 37-46.

Sucipto, H., & Syaifulloh, M. (2021). PENGARUH PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA, DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHADI SETIABUDI. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(3), 797-806.

Zaman, M. B., & Ikhwan, S. (2021). Analysis of Influence of Product Quality and Price on Buyer's Decision. Journal of Business and Behavioural Entrepreneurship, 5(1), 149-160.

Mukson, M., Hamidah, H., & Prabuwono, A. (2021). Work environment and entrepreneurship orientation towards MSME performance through organizational commitment. Management Science Letters, 11(3), 871-878.

Mukson, M. (2020). Budaya Kerja dan Kompetensi Kerja: Kinerja Karyawan SPBU di Kabupaten Brebes. Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa), 17(2), 10-20.

Buchdadi, A. D., Sholeha, A., & Ahmad, G. N. (2020). The influence of financial literacy on SMEs performance through access to finance and financial risk attitude as mediation variables. Academy of Accounting and Financial Studies Journal, 24(5), 1-15.

Wailmi, K. (2021). PRICE COMPETITION AND PROMOTIONAL ACTIVITIES ON THE PURCHASE BEHAVIOR OF YAMAHA MATIC MOTORCYCLES IN INDONESIA STUDY IN THE CITY OF KALIANDA LAMPUNG. International Journal of Economics, Business, and Entrepreneurship, 4(2), 126-140.

Wailmi, K., & Tamam, T. (2022). TOURISM DURING COVID19: SERVICE QUALITY AND LOCATION TOWARD CUSTOMER SATISFACTION. International Journal of Education and Social Science Research, 5(02), 355-363.

Sengaji, Z., & Wailmi, K. (2022). TINGKAT PENDIDIKAN DAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN TERHADAP USAHA KECIL MIKRO DI MASA COVID-19. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(2), 852-865.

Sengaji, Z., & Radiansyah, E. (2022). HOW ENTREPRENUR INTENTION TO DIGITISE MICRO, SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES. International Journal of Education and Social Science Research, 5(02), 26-35.

Sengaji, Z., & Wailmi, K. (2022). TINGKAT PENDIDIKAN DAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN TERHADAP USAHA KECIL MIKRO DI MASA COVID-19. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(2), 852-865.

Sanusi, U. THE EFFECT OF PROMOTION AND PRODUCT DESIGN ON CONSUMER PURCHASE DECISIONS.

Radiansyah, E. The Role of Message, Sender, and Receiver in E-WOM: A Literature Review. Strategic Alliance Between, 236.

Mukson, M., Ikhwan, S., & Riono, S. B. (2021). Orientation of Entrepreneurship and Innovation in Improving the Company's Performance through Business Strategy. JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN), 8(1), 37-46.

Sucipto, H., & Syaifulloh, M. (2021). PENGARUH PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA, DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHADI SETIABUDI. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(3), 797-806.

Zaman, M. B., & Ikhwan, S. (2021). Analysis of Influence of Product Quality and Price on Buyer's Decision. Journal of Business and Behavioural Entrepreneurship, 5(1), 149-160.

Mukson, M., Hamidah, H., & Prabuwono, A. (2021). Work environment and entrepreneurship orientation towards MSME performance through organizational commitment. Management Science Letters, 11(3), 871-878.

Mukson, M. (2020). Budaya Kerja dan Kompetensi Kerja: Kinerja Karyawan SPBU di Kabupaten Brebes. Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa), 17(2), 10-20.

Buchdadi, A. D., Sholeha, A., & Ahmad, G. N. (2020). The influence of financial literacy on SMEs performance through access to finance and financial risk attitude as mediation variables. Academy of Accounting and Financial Studies Journal, 24(5), 1-15.

Zainul, A. (2019). The Influence of E-service Quality toward E-satisfaction, E-trust, E-word of Mouth and Online Repurchase Intention: A Study on the Consumers of the Three-star Hotels in Lampung. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 93(9), 27-38.

Rahayu, K. S. (2021). E-ServQual on E-Trust, E-Satisfaction and Online Repurchase Intention. Review of International Geographical Education Online, 11(4).

Sengaji, Z., & Wailmi, K. (2022). TINGKAT PENDIDIKAN DAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN TERHADAP USAHA KECIL MIKRO DI MASA COVID-19. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(2), 852-865.

Sanusi, U. THE EFFECT OF PROMOTION AND PRODUCT DESIGN ON CONSUMER PURCHASE DECISIONS.

Downloads

Published

2023-01-29

How to Cite

Rokhimah, Hasrun, A. ., Karfin, & Rahayu, A. . (2023). ANALISIS PENDAPATAN PEDAGANG KAKI LIMA SELAMA MASA PEMBUKAAN ALUN-ALUN AIMAS KABUPATEN SORONG. KALIANDA HALOK GAGAS, 5(2), 136–149. Retrieved from http://ojs.stiemkalianda.ac.id/index.php/halokgagas/article/view/57

Issue

Section

Articles