Pengaruh Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Authors

  • M. Naufal Sahensah Universitas Islam Negeri Raden Intan
  • Vopi Fitriani Wahyudi Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung
  • Vicky F. Sanjaya Universitas Islam Negeri Raden Intan

Abstract

ABSTRACT :

This research is entitled “The Influence of Social Media on Student Consumptive Lifestyles.” This study aims to determine the effect of social media on student consumptive lifestyles at UIN Raden Intan Lampung. Theories that support this research include Communication, Uses and Gratification Theory, New Media, Social Media, Lifestyle. This research uses quantitative methods. The population in this study were students of UIN Raden Intan Lampung. The sampling technique in this study used purposive sampling. Data collection techniques in this study were research by distributing questionnaires and field research. The method used in this study is correlational which aims to find relationships between one variable and another. Data analysis techniques carried out in this study were validity test, reliability test and hypothesis testing using SmartPls. The research results obtained show social media has a significant effect on consumptive lifestyles

Keywords: Influence, Social Media, Consumptive Lifestyle, Students of UIN Raden Intan Lampung.

 

 ABSTRAK :

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswa". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap gaya hidup konsumtif Mahasiswa di UIN Raden Intan Lampung. Teori yang menjadi pendukung dalam penelitian ini antara lain, Komunikasi, Teori Uses and Gratification, New Media, Media Sosial, Gaya hidup. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah penelitian melalui penyebaran kuesioner, dan penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional yang bertujuan untuk mencari hubungan antara variabel yang satu dengan variabel lainnya. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reabilitas dan uji hipotesis dengan menggunakan SmartPls. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan sosial media berpengaruh secara signifikan terhadap gaya hidup konsumtif  

Kata Kunci: Pengaruh, Media Sosial, Gaya Hidup Konsumtif, Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung.

References

Agung Harahap, Machyudin. 2013. Kapitalisme Media Ekonomi Politik Berita dan Diskursus Televisi. Yogyakarta: Aura Pustaka

Azwar, Saifuddin. 2007. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya (Ed.2).

Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Budianto, Heri; Hamid, Farid. 2013. Ilmu Komunikasi: Sekarang dan Tantangan Masa Depan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Bungin, Burhan. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana

Daryanto; Rahardjo, Muljo. 2016. Teori Komunikasi. Yogyakarta: Gava Media

Holmes, David. 2005. Teori Komunikasi Media, Teknologi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ibrahim, Idi Subandy. 2011. Kritik Budaya Komunikasi: Budaya, Media, dan Gaya Hidup dalam Proses Demokratisasi di Indonesia. Yogyakarta: Jalasutra Kasali, Rhenald. 1998. Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, Positioning. Gramedia Pustaka Utama

Martono, Nanang. 2014. Sosiologi Perubahan Sosial: Perspektif Klasik, Modern, Posmodern, dan Poskolonial. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Nasrullah, Rulli. 2014. Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial: Prosedur, Tren, dan Etika. Bandung: Simbiosa Rekatama Werner J; Tankard, Jr., James W. 2014. Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfa Beta

Yin, Robert K. 2002. Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Agustina. 2016. Analisis Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Sikap

Konsumerisme Remaja Di SMA Negeri 3 Samarinda. Ejournal Ilmu Komunikasi, 2016, 4(3): 410-420. http://www.portal.fisipunmul.ac.id/site/?p=4793, diakses 2 September 2017 pukul 18.30

Asmaya, Fela. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap

Perilaku Proposial Remaja Di Kenagarian Kota Bangun. Jom FISIP Volume 2 No.2 – Oktober 2015 https://media.neliti.com/media/publications/32802-ID-pengaruhpenggunaan-media-sosial-facebook-terhadap-perilaku-prososial-remajadi.pdf, diakses 30 Juli 2017 pukul 22.00

Juwita, Elsa Puji. 2014. Peran Media Sosial Terhadap

Gaya Hidup Siswa SMA Negeri 5 Bandung. Jurnal Sosietas, Vol. 5, No. 1. http://repository.upi.edu/13589/, diakses 2 Februari 2017 pukul 19.30

Nurrizka, Annisa Fitrah. 2016. Pengaruh Media Sosial Terhadap

Gaya Hidup Pelajar SMAN 4 Pontianak. Socioligique, Jurnal S-1 Sosiologi Volume 4 Nomor 2 Edisi Juni 2016. http://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/article/view/1043,diakses

Februari 2017 pukul 20.40

Suwarno, Windy Paskawati. 2012. Budaya Populer dan Gaya Hidup Sebagai Komunikasi.

Repository Universitas Kristen Satya Wacana. http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2728, diakses 2 Februari 2017 pukul 20.05

Downloads

Published

2023-01-29

How to Cite

M. Naufal Sahensah, Wahyudi, V. F., & Vicky F. Sanjaya. (2023). Pengaruh Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung . KALIANDA HALOK GAGAS, 5(2), 108–117. Retrieved from http://ojs.stiemkalianda.ac.id/index.php/halokgagas/article/view/53

Issue

Section

Articles