PENGARUH HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGINAP SAAT PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.52655/khg.v4i2.27Keywords:
Harga, Lokasi, Keputusan MenginapAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh variabel Harga, dan Lokasi terhadap Keputusan menginap di Hotel Kalianda. Populasi yang digunakan adalah konsumen yang menginap pada Hotel Kalianda yang bertempat di Jl. Kusuma Bangsa No.163 Kalianda Lampung Selatan. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling insidental (accidental sampling), sampel penelitian berjumlah 97 orang. Pengambilan sampel ini dilakukan pada sampai Desember 2021. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan regresi linier berganda dengan aplikasi program SPSS vs.23. Hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa masing-masing variabel Harga, dan Lokasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap Keputusan Menginap di Hotel Hotel Kalianda. Pengujian ini juga menunjukkan variabel harga memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan menginap yang ditunjukkan pada nilai statistik beta dalam uji t yang paling besar diantara variabel lainnya. Kondisi ini menunjukkan semakin baik harga yang diberikan dan strategi harga yang diterapkan serta pemilihan lokasi yang strategis akan meningkatkan keputusan orang untuk menginap di Hotel Kalianda.
References
Angipora, M.P. (2008). Dasar-Dasar Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Bagaskara,S.D.(2015).Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap di Hotel Savana Malang. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA). Surabaya..
Buchary,A.(2009). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfa Beta. Bandung.
Hakim, L. N. (2021). Effect of Product Quality and Service Quality on Customer Loyalty with Customer Satisfaction as an Intervenning Variables (Case Study on the Tirta Jasa Lampung Selatan Regional Company (PDAM)). Economit Journal: Scientific Journal of Accountancy, Management and Finance, 1(1), 48-56.
Kotler, P. dan K.L.Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1 dan 2. PT Macanan Jaya Cemerlang. Jakarta.
Kotler,P, dan G. Armstrong. (2009). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid Pertama. Edisi Kedelapan. Erlangga. Jakarta.
Kotler,P. dan A.B. Susanto. (2009). Manajemen Pemasaran di Indonesia, Analisis Perencanaan Implementasi dan Pengendalian. Buku Dua. Salemba Empat. Jakarta.
Lempoy,N.C,S.L. Mandey, dan S.S.R. Loindong.(2015). Pengaruh Harga, Lokasi, dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menggunakan jasa Taman Wisata Toar Lumimuut (Taman Eman) Sonder. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 2(1): 1074-1075.
Mursidi.(2010). Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Menginap Di University Inn UMM. Jurnal Teknik Industri, Vol.11, No. (1).
Payne, A. (2008). Service Marketing. Andi Offset. Yogyakarta.
Pratiwi. (2012). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Mobil Toyota Avanza Pada PT. Agung Automall Denpasar. Jurnal Manajemen Pemasaran 2(1).
Saodin. (2021). Pengaruh E-Servqual Terhadap E-Satisfaction, E-WOM Dan Online Repurchase Intention. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen: Jurnal Ilmiah Multi Science, Vol. 12 (1), 15-30. DOI: https://doi.org/10.52657/jiem.v12i1.1450
Soedjadi, E.K.(2011). Pengaruh Bauran Pemasaran Perguruan Tinggi Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Kepada Loyalitas Mahasiswa Pada Tiga Pts Terkemuka Di Kota Bandung. Jurnal Bina Ekonomi Majalah ilmiah Fakultas Ekonomi Unpar.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Sumarwan, U. (2002). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia. Bogor.
Tjiptono, F. (2010). Pemasaran Jasa. Bayumedia Publishing. Malang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 KALIANDA HALOK GAGAS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Licensing Policy: OpenJournalSystems.com sells a wide range of custom created content including themes and plugins for Open Journal Systems (OJS), and open source platforms. These custom themes and plugins are sold under what is known as a Default Split License.