PENGARUH PENGGUNAAN PROMOSI ONLINE DAN ENDORSEMENT SELEBGRAM TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN

Authors

  • Amila Marshely
  • Destin Fitria Anjayani Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Sanjaya Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Keywords:

Online Promotion, Selebgram Endorsement, Consumer Buying Interest

Abstract

Promosi Online merupakan kegiatan promosi yang dilakukan untuk mengenalkan danmenginformasikan produk kepada konsumen melalui internet yang dilakukan melalui media social seperti Instagram, danmedia sosial lainnya. Media sosial Instagram contohnya. Instagram merupakan sebuah aplikasi berbagai foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk Instagram sendiri. Dari kelebihan fitur tersebut, membuat sebagian orang berkesempatan untuk menjadikan Instagram sebagai lahan untuk berbisnis dengan mempromosikan barangnya secara online. Selebgram ialah influenser yang terkenal atau lebih dikenal di Instagram yang memiliki banyak pengikut (followers). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi online terhadap minat beli konsumen. Metode penelitian ini menggunakan metode teoritis, yang mana data diperoleh dari hasil membaca, yang dikumpulkan ditarik kesimpulan dan menghasilkan sebuah hipotesis. Penelitian ini memberikan tinjauan literatur mengenai pengaruh promosi online para selebgram terhadap minat beli konsumen. Kerangka konseptual ini dapat membantu para pebisnis jika ingin membuat strategi promosi online dengan menggunakan para selebgram dengan memasarkan produknya. Hal ini akan memberikan 2 keuntungan yaitu, bagi para selebgram dan perusahaan produk yang dipromosikan. Dari penelitian ini terdapat pengaruh yang positif dan signifikan promosi online para selebgram terhadap minat beli konsumen.

References

Alunat, S. K., & Ariyanti, M. (2016). Pengaruh Endorsement Terhadap Sikap Konsumen Dan Minat Pembelian Produk Kosmetik Pada Online Shop Dengan Media Sosial Instagram. Proceedings of Management, 3(2)

Deru R Indika & Cindy Jovita. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(1), 25-32. Diakses pada 28 Oktober 2020 di http://journal.ubaya.ac.id/index.php/JIBT/article/view/296

Hera Wati. (2019). Pengaruh Selebgram Sebagai Celebrity Endorsement Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi. Sosietas: Jurnal Pendidikan Psikologi, 9(2), 722-727 diakses pada 28 Oktober 2020 di https://ejournal.upi.edu/index.php/sosietas/article/view/22822

Melia Ika Patanduk. (2016). Pengaruuh Kontrol Diri Pada Endorse dan Persepsi Harga Dengan Pengambilan Keputusan Membeli Produk Melalui Media Sosial Instagram. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 175-183 diakses pada 28 Oktober 2020 di

http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/3997/2580#

Hakim, L. N. (2021). Effect of Product Quality and Service Quality on Customer Loyalty with Customer Satisfaction as an Intervenning Variables (Case Study on the Tirta Jasa Lampung Selatan Regional Company (PDAM)). Economit Journal: Scientific Journal of Accountancy, Management and Finance, 1(1), 48-56.

Hera Wati, Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi, (Jurnal Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Indonesia, 2019)

Saodin, S. (2021). PENGARUH SALES PROMOTION DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING. INTERCODE, 1(2).

Zahra Dhaefina, Pengaruh celebrity Endorsment, Brand Image, dan Testimoni Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Mie Instan lemonilo Pada Media sosial Instagram, (Jurnal Manajemen, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2021)

Downloads

Published

2022-01-08

How to Cite

Marshely, A., Fitria Anjayani, D. ., & Sanjaya. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN PROMOSI ONLINE DAN ENDORSEMENT SELEBGRAM TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN. KALIANDA HALOK GAGAS, 4(2), 93–100. Retrieved from http://ojs.stiemkalianda.ac.id/index.php/halokgagas/article/view/16

Issue

Section

Articles