STRATEGI KOMUNIKASI BRI UNIT JATIBARU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PRIMA PADA NASABAH SIMPEDES (PRIORITAS) TAHUN 2016

Authors

  • Sri Choryati Universitas Muhammadiyah Lampung

DOI:

https://doi.org/10.52655/khg.v4i1.10

Keywords:

Strategi komunikasi, Kualitas Pelayanan Prima

Abstract

Keberhasilan kegiatan komunikasi secara efektif banyak ditentukan oleh penentuan strategi komunikasi. Dilain pihak jika tidak ada strategi komunikasi  yang baik, efek dari proses komunikasi bukan tidak mungkin akan menimbulkan pengaruh negatif.  Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi komunikasi  BRI Unit Jatibaru dalam  meningkatkan kualitas pelayanan prima pada nasabah SIMPEDES (prioritas) tahun 2016.

Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data  secara wawancara, dokumentasi dan observasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 orang Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi BRI Unit Jatibaru sudah berjalan dengan baik dalam meningkatkan kualitas pelayanan prima pada nasabah SIMPEDES (Prioritas) tahun 2016. Hal ini dapat dilihat pada 3 teori strategi kounikasi yang sudah dijalankan oleh BRI yaitu teori kepatuhan, teori konstruktivisme dan teori strategi kesopanan, serta kenaikan jumlah nasabah dari tahun 2015 dan 2016.  Dalam memberikan pelayananpun BRI Unit Jatibaru sudah mengacu pada 5C yaitu clean, careful, charming, cheer, dan chummy.  Sedangkan pelanggan merasa puas dengan pelayanan dan fasilitas yang diberikan pihak BRI Unit Jatibaru karena mereka tidak perlu antri lama dalam melakukan transaksi dan senang dengan reward dan hadiah-hadiah hiburan dari BRI.

References

Azhar Hairul, Kepala Unit BRI Jatibaru (wawancara tanggal 1 April 2017).

Hakim, L. H., & Suhendi, A. (2021). Analisis Location Quotion versus Sumbangan Terhadap Pendapatan Domestik Regional Bruto dalam Penentuan Kawasan Ekonomi Basis di Provinsi Lampung. GEMA: Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi, 13(2), 120-134.

Hasan, 2002, Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Ghalia Indonesia, Jakarta

Herdiana Nana, 2015, Manajemen Strategi Pemasaran, CV. Pustaka Setia, Bandung

Kotler dan Keller 2009, Manajemen Pemasaran, Indonesia, PT. Indeks

Krisyantono, 2009, Teknik Praktisi Riset Komunikasi, Kencana, Jakarta

Lupiyoadi, Rambat, 2001, Edisi Pertama, Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktek, Salemba Empat, Jakarta

Morisson, 2013, Teori Komunikasi Individu Hingga Massa, Kencana Prenadamedia Group, Jakarta

Moleong, 2013, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Rahmayanty Nina, 2013, Manajemen Pelayanan Prima, Graha Ilmu, Yogyakarta

Rangkuti, F, 2006, Measuring Custumer Pelayanan Prima Satisfaction, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Suharsimi Arikunto, 1989, Metodologi Research, Andi Offset, Yogyakarta

Sumardi Suryabrata, 1990,

Sutrisno Hadi, 1989, Metodologi Research, Andi Offset, Yogyakarta

Tjiptono dan Diana, 2003, Total Quality n Management, Andi Offset, Yogyakarta

Tjiptono, Chandra, Adriana, 2008, Pemasaran Strategik, Penerbit ANDI, Yogyakarta

Uchjana Onong, 2003, Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi, Citra Aditya Bakti, Bandung

Zulkiflimansyah, 2007, Manajemen Strategi, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta

Downloads

Published

2021-07-30

How to Cite

Sri Choryati. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI BRI UNIT JATIBARU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PRIMA PADA NASABAH SIMPEDES (PRIORITAS) TAHUN 2016. KALIANDA HALOK GAGAS, 4(1), 59–71. https://doi.org/10.52655/khg.v4i1.10

Issue

Section

Articles